Beranda >

Berita > Giat Kesakaan Raimuna Menambah Pengalaman Anggota Pramuka


28 Juli 2016

Giat Kesakaan Raimuna Menambah Pengalaman Anggota Pramuka

Hari kedua Raimuna Cabang V Kota Bogor 2016, Kamis (28/7/2016), diisi Giat Kesakaan bagi anggota pramuka penegak dan pandega di beberapa titik sesuai kegiatannya. 535 anggota pramuka yang berasal dari enam kwartil dibagi menjadi lima kelompok dengan anggota 40 - 60 orang. Hal ini karena pada giat kesakaan terdapat lima kegiatan edukasi.

Ketua Pelaksana Raimuna Cabang V Kota Bogor 2016 Choerul Anam mengatakan, lima giat kesakaan tersebut yakni pertama, Satuan Karya (Saka) Wira Kartika. Saka Wira Kartika merupakan kegiatan pramuka di bidang keamanan negara atau dalam hal ini mempelajari tupoksi TNI. Pada kesempatan itu pramuka bertandang langsung ke Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Suryakencana. Disana para anggota pramuka diajarkan fungsi senjata sekaligus praktek bongkar pasang senjata. "Pemateri dari Kodim yang merupakan pembina Saka Wira Kartika," ujar Anam, sapaan akrabnya.

Kegiatan kedua, lanjut Anam, yakni Saka Dirgantara berupa pembelajaran tentang serba- serbi penerbangan di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Senjaya  (ATS). Kegiatan ketiga, Saka Bakti Husada dengan materi kegunaan dan pembuatan ovitrap (alat penangkap nyamuk). Kegiatan keempat,  Saka Kencana berkecimpung tentang keluarga berencana dengan materi nilai-nilai budaya Sunda yang menunjang kesejahteraan keluarga. Kesakaan terakhir yakni Saka Wana Bakti berupa kegiatan kehutanan panjat tebing hang dilaksanakan di Tebing Barat Ciampea. "Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore. Dan ada giat tambahan wawasan dan wisata berupa pengenalan paralayang dari komunitas ke anggota pramuka," jelas Anam lagi.  

Hingga nanti malam Raimuna masih akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Anam menuturkan, selepas Isya ada kegiatan Jumpa Tokoh dengan tema Karakter Pempinan Kota Bogor yang bersinergi dengan Visi Misi Pembangunan Kota Bogor. Jumpa Tokoh menghadirkan Kodim Muhammad Albar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Edgar Suratman, dan Kepala Polres Bogor Kota Andi Herindra. Setelahnya acara ditutup dengan menonton bareng film 12 Menit Kemenangan Untuk Selamanya. "Terkait kesehatan anggota pramuka, panitia sudah menyediakan obat-obatan dan berkordinasi dengan pimpinan kontingen untuk senantias mengecek stamina anggota," terang Anam.

Sementara itu perwakilan anggota Kwartil Bogor Utara Dede Bahtiar mengatakan, ia mengikuti kegiatan Saka Wira Kartika dan mendapatkan pengalaman pertama yang berharga karena sebagai warga sipil dirinya dapat membongkar pasang senjata. Siswa SMKN 2 Kota Bogor ini awalnya sempat gemetaran saat memegang senjata. Namun setelahnya ia malah ingin kembali mencoba. "Setelah mengikuti ini saya berkeinginan menjadi polisi atau TNI karena pengalaman pertama ini sangat menyenangkan," pungkas siswa kelas XII ini. (fla/andi) dkw