Beranda >

Berita > Pemkot Bogor Kebut Pembangunan Jalan Arteri R2


29 Juli 2016

Pemkot Bogor Kebut Pembangunan Jalan Arteri R2

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana segera menuntaskan proyek pembangunan jalan arteri R2 di wilayah Bogor Utara sepanjang sekitar 6,5 km. Terhambatnya kelanjutan proyek itu sendiri terkait dengan pembebasan lahan. Hal itu dikatakan Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman usai melakukan peninjauan ke lokasi proyek R2 di wilayah Kelurahan Cibuluh, Bogor, Jumat (29/7/2016). Turut meninjau Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bogor Chusnul Rozaki.

"Kendala (pembebasan lahan) antara Cibuluh sampai Tanah Baru itu pembebasannya masih sangat rumit dan masih banyak bidang yang belum dibebaskan. Jadi yang akan kita tuntaskan itu adalah off frame Tanah Baru sampai ke Sentul, dan itu relatif kecil dan sedang kita coba hitung ulang serta berkolaborasi dengan pihak swasta," jelas Usmar.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemkot akan mempercepat penyelesaian proyek pembangunannya di tahun 2017 atau tahun 2018 mendatang. Selain untuk mengamankan aset, Usmar mengatakan bahwa upaya itu juga agar konstruksi yang sudah ada tidak rusak. "Dari total anggaran Rp 23 miliar, yang sudah terserap Rp 18 miliar. Dari informasi bagian perencanaan DBMSDA di tahun 2017 nanti sudah siap dan tinggal dianggarkan," tuturnya. (Donni-eto)