Beranda >

Berita > Wujudkan Imam dan Khatib Berintegritas dan Profesional, Pemkot Gelar Pembinaan


24 Agustus 2016

Wujudkan Imam dan Khatib Berintegritas dan Profesional, Pemkot Gelar Pembinaan

Untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Bogor melalui Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setdakot Bogor memberikan pelatihan kepada imam dan khotib se-Kota Bogor. Kegiatan yang digelar selama dua hari,l 24 dan 25 Agustus 2016, diikuti 330 imam dan khotib perwakilan dari 165 masjid se-Kota Bogor.

Pelatihan berlangsung di lantai 2 Masjid At-Taqwa Balaikota Bogor dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Rabu (24/8/2016).

Usmar mengungkapkan, mengumpulkan imam dan khatib se-Kota Bogor mungkin dibutuhkan energi yang lebih. Namun dapat terealisasi atas perumusan dari Bagian Adkemas yang sebelumnya pernah menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah, manajemen masjid, dan pembinaan remaja masjid. “Hal ini sungguh merupakan satu lingkaran yang tidak bisa dipecahkan dari peran pemerintah kota di masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu apapun bentuk yang  dilaksanakan oleh pemerintah keniscayaannya jangan diartikan sebagai doktrinisasi. Tetapi jadikan sebagai upaya memfasilitasi bagi kepentingan masyarakat. “Mudah-mudahan  lewat kegiatan ini silaturahminya dapat dan konteks pembahasan pemantapannya pun bermanfaat,” harap Usmar.

Kasubag Bina Kemasyarakatan Bagian Adkemas Setdakot Bogor Arief R. Badrudin mengungkapkan, tujuan digelarnya pembinaan ini untuk mewujudkan imam dan khatib Kota Bogor yang berintegritas dan profesional. Oleh karenanya pihaknya mengundang narasumber yang berkompeten dan profesional juga.

KH. Badrudin Suki dari MUI Kota Bogor hadir selaku narasumber pertama yang menyampaikan materi hukum fiqih menjadi seorang imam dan khatib yang baik. Narasumber berikutnya Ustadz Abdul Rozik dari Bilqis memberikan pembimbingan bacaan Al Qur’an yang baik dan benar. Terakhir, untuk memberikan motivasi bagi peserta panitia juga mengundang motivator. (Tria/Gus/Met) dkw