Beranda >

Berita > Bima: Kunci Pengentasan Kemuskinan Adalah Kolaborasi


24 Agustus 2016

Bima: Kunci Pengentasan Kemuskinan Adalah Kolaborasi

Walikota Bogor Bima Arya mengungkapkan dari enam skala prioritas yang dimiliki Kota Bogor salah satunya adalah pengentasan kemiskinan. Tercatat angka keluarga sangat miskin (KSM) berdasar data  terakhir bulan Agustus 2016 sebanyak 8.722 KK. Sementara keluarga miskin sekitar 38.000. Artinya masih banyak yang memerlukan perhatian pemerintah. Demikian hal tersebut dijelaskan Bima dalam sambutannya saat peluncuran e-Warung di Lebak Kantin Kelurahan Sempur Bogor, Selasa (23/8/2016).

Menurut Bima, kunci untuk pengentasan kemiskinan adalah kolaborasi. Tidak mungkin Pemerintah Kota Bogor bergerak sendiri, tidak mungkin pula Dinas bergerak sektoral dan tidak mungkin pemerintah tidak merangkul pihak swasta atau korporasi untuk mengentaskan kemiskinan.

Oleh karena itu sambung Bima, Pemerintah Kota Bogor berterimakasih mendapatkan kehormatan untuk dijadikan pilot project bersama beberapa kota-kota lain untuk program yang luar biasa, e-Warung. “Ini menyimpulkan bagaimana satu sinergi dan kolaborasi tadi,” ujar Bima. “Yang kedua bagaimana teknologi juga bisa berperan untuk pengentasan kemiskinan,” imbuhnya.

Bima berharap, mudah-mudahan program ini berjalan lancar dan memberikan inspirasi bagi daerah lain. Berbicara kemiskinan tidak cukup hanya mengangkat saja dari kondisi darurat tetapi harus terus diangkat dan taraf hidupnya diperbaiki. (Tria/Lani/Adyt) dkw