Beranda >

Berita > Tolak Kekerasan Anak, Dinsos Gelar "Jelajah Jabar"


25 Agustus 2016

Tolak Kekerasan Anak, Dinsos Gelar "Jelajah Jabar"

KOTA BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melepas para peserta off road "Jelajah Jabar" yang digelar Dinas Sosial Jawa Barat serta Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Jabar di Halaman Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Kamis pagi (25/8/16). Kegiatan yang juga diikuti oleh para anggota Tagana dari seluruh Jawa Barat ini juga sebagai sosialisasi program "Jabar Tolak Kekerasan" terhadap anak serta sosialisasi PON XIX/2016 Jabar.

Kegiatan off road ini diikuti oleh puluhan peserta yang menggunakan mobil pelayanan Siaga Bencana. Mereka akan melalui rute Bandung - Cirebon - Ciamis - Pangandaran - Palabuhan Ratu (Sukabumi) - dan finish di Kabupaten Bekasi dari tanggal 25 - 28 Agustus 2016.

Wakil Gubernur Deddy Mizwar mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah positif dan upaya untuk menurunkan masalah penyandang kesejahteraan sosial. Hal ini sebagai akibat dari situasi sosial, ekonomi, dan berbagai masalah kemasyarakatan yang belum kondusif. "Kegiatan Jelajah Jabar ini merupakan salah satu upaya untuk memotret secara langsung permasalahan sosial yang ada di setiap Kabupaten dan Kota, seperti permasalahan kekerasan terhadap anak, kemiskinan, anak-anak terlantar, korban bencana, dan masalah sosial lain," ujar Wagub dalam sambutannya sebelum melepas para peserta.

Tidak hanya ber-off road, di setiap lokasi yang disambangi para peserta juga akan menggelar berbagai kegiatan, yakni sosialisasi PON XIX/2016 di Jawa Barat. Namun, akan ada kegiatan khusus lainnya yang juga akan digelar seperti di Cirebon para peserta akan mengunjungi dan mencanangkan Kampung Siaga Bencana, serta menggelar unit pelayanan sosial keliling. Di Ciamis akan berlangsung kegiatan penyuluhan bahaya HIV/Aids.

Sementara di Parigi, Kabupaten Pangandaran akan digelar kampanye sosial Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Selain itu, para peserta juga akan mengadakan pembinaan dan pemberdayaan potensi sumber kesejahteraan sosial di Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini akan finish di Kabupaten Bekasi. Disana peserta akan menggelar "one day for children" sebagai bagian dari sosialisasi gerakan Jabar Tolak Kekerasan terhadap anak, Festival Anak Jalanan, serta berbagai kegiatan sosial lainnya. Rencananya kegiatan tersebut akan dihadiri Ketua P2TP2A Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan pada 28 Agustus 2016.( Dikutif Humas Kota Bogor )