Beranda >

Berita > Makan Nasi Analog dan Ombak Caping Meriahkan Pembukaan MPKMB IPB Angkatan 53


28 Agustus 2016

Makan Nasi Analog dan Ombak Caping Meriahkan Pembukaan MPKMB IPB Angkatan 53

Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) angkatan 53 Program Sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi dibuka oleh Rektor IPB, Prof.Dr. Herry Suhardiyanto, di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga, Bogor,  Jumat (26/8). Turut hadir dalam kesempatan ini ialah Gubernur Jawa Barat, Dr. Ahmad Heryawan.

Gubernur menyampaikan pesan kepada para mahasiswa baru IPB untuk belajar dengan baik dan berbangga hati, karena kampus IPB merupakan kampus yang dicanangkan langsung oleh Presiden Indonesia pertama, Bung Karno, sebagai kampus yang menjaga kedaulatan pangan Indonesia. “Pelajari pangan nasional Indonesia dan harus mampu menjadi solusi atas persoalan pangan Indonesia. Saya anak petani, jauh dari kehidupan modern. Namun dengan kerja keras dan keikhlasan bisa mengantarkan saya menjadi seperti saat ini. Saya bangga menjadi anak petani,” serunya.

Dalam kesempatan ini digelar acara makan bersama nasi beras analog yang diikuti ribuan mahasiswa baru, Gubernur Jawa Barat, dan pimpinan IPB. Beras analog merupakan produk mirip beras yang dibuat dari tepung nusantara dengan menggunakan teknologi ekstrusi yang digagas oleh Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB Prof.Dr. Slamet Budijanto. Beras analog memiliki kelebihan dapat didesain khusus sesuai dengan kebutuhan sehingga cocok untuk penderita diabetes dan yang sedang diet. Selain itu, beras analog juga menggunakan 100 persen bahan baku lokal sehingga mendukung ketahanan pangan.

Tampak hadir dalam kesempatan ini, diantaranya Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof.Dr. Yonny Koesmaryono; Direktur Utama PT. BLST IPB, Dr. Meika Syahbana Rusli; dan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB, Danang Setiawan. Acara semakin meriah dengan atraksi ombak caping dari ribuan mahasiswa baru. ( Dikutif Humas Kota Bogor )