Beranda >

Berita > Bangga Jadi Pramuka Garuda


28 Agustus 2016

Bangga Jadi Pramuka Garuda

Meski sempat diguyur hujan rincik pada Sabtu (27/8), 129 anggota pramuka tetap bersemangat menerima pengukuhan sebagai Pramuka Garuda di Plaza Balaikota Bogor. Mereka terdiri dari 36 Pramuka Siaga, 78 Pramuka Penggalang, 13 Pramuka Penegak dan 1 Pramuka Pandega. Sebelumnya mereka sudah diseleksi secara ketat, karena sebagai Pramuka Garuda, mereka harus bisa mengemban nama baik kepramukaan. Pada kesempatan itu Kwarcab juga menyerahkan pin kepada 32 anggota pramuka yang sudah mengikuti Jambore Nasional.

Ketua Kwarcab Kota Bogor Ade Sarip Hidayat,  yang memimpin pengukuhan mengatakan, mereka yang dilantik menjadi Pramuka Garuda sudah memiliki keahlian pramuka, wawasan dan paham nilai dasa dharma sehingga menjadi pramuka yang sudah teruji baik dari teori dan kegiatan langsung. Kepribadiannya pun terjaga baik sehingga untuk mendapatkan predikat Pramuka Garuda memang  tidak mudah. "Mereka yang terpilih sudah melalui seleksi yang panjang dan harus menggambarkan sosok pramuka sesungguhnya," ujar Ade.

Menurutnya Pramuka Garuda harus bisa bertanggungjawab menjaga nama baik pramuka karena bagi seorang anggota pramuka predikat ini juga merupakan sebuah prestasi. Dapat disejajarkan dengan prestasi akademis atau non akademis lainnya. Bahkan bisa digunakan sebagai modal untuk mengikuti jalur prestasi ketika hendak memilih sekolah.

Salah satu penerima pin Garuda, Irwansyah mengatakan, sebelum dikukuhkan dirinya harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan bagi seorang pramuka penegak. Sebut saja tanda kecakapan umum harus laksana, tanda kecakapan khusus minimalnya sepuluh, aktif digugus depan dan mempunyai sertifikat kegiatan pramuka. Seleksi sudah dilakukan sejak Rabu (03/08) hingga (10/08) lalu dengan berbagai tahapan seleksi. Mulai dari seleksi adminitrasi, tes kepramukaan, tes bakat, tes agama, tes bahasa Sunda dan bahasa Inggris, tes manajamen dan terakhir tes wawancara orangtua. "Saya senang bisa terpilih menjadi Pramuka Garuda karena ini memang keinginan saya sejak dulu. Dengan menjadi pramuka Garuda saya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat dan contoh bagi adik kelas," pungkas siswa MAN 1 Kota Bogor tersebut (fla/agus) Mor