Beranda >

Berita > Pramuka Kota Bogor Jadi Contoh Brunei Darussalam


28 Agustus 2016

Pramuka Kota Bogor Jadi Contoh Brunei Darussalam

Kementerian Pendidikan Brunei Darussalam studi banding kepramukaan ke Kota Bogor. Didampingi Kwartir Gerakan Pramuka Nasional, perwakilan Kementerian Pendidikan Brunei Darussalam, Jumat (26/08) mengunjungi SMA Negeri 9 Kota Bogor dan SMK Negeri 1 Kota Bogor. Dua sekolah tersebut dipilih karena berprestasi di kegiatan pramuka.  

Sekretaris Kwarcab Pramuka Koga Bogor M. Nurwali mengatakan, kunjungan mereka untuk melihat secara langsung aktivitas kepramukaan di Indonesia yang nantinya bisa menjadi pembanding di Brunei. Hal ini karena Indonesia merupakan negara kedua teraktif dalam gerakan pramuka setelah Amerika dan kerap menjadi barometer di negara-negara ASEAN. "Pramuka di Indonesia sudah lebih terstruktur dan diperkuat melalui undang-undang," ujar Wali.  

Kedatangan para tamu dari negara tetangga tersebut, menurut Wali menjadi kesempatan bagus untuk sama-sama saling tukar informasi dan ilmu. Juga menjadi kebanggaan terutama bagi mereka yang aktif berkegiatan pramuka. Kemungkinan selanjutnya Kwarcab Kota Bogor akan melakukan kunjungan balasan. "Semoga dengan demikian kedepan nanti  bisa terwujud sister city demi meningkatkan hubungan baik," lanjut Wali. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bogor Chairil Anwar mengatakan, kunjungan ini sekaligus menjadi silahturahmi antar bangsa. Meski persiapan dilakukan dadakan, namun kunjungan bisa berjalan lancar karena kegiatan Pramuka di SMKN 1 sudah ada sejak lama dan banjir prestasi. "Kami juga tetap mengharapkan adanya saran dan masukan dari Kementerian Pendidikan Brunei," pungkas Chairil. (fla/Agus/riki) Mor