Beranda >

Berita > Deddy Mizwar Resmikan Ciletuh-Palabuhanratu Festival 2016


28 Agustus 2016

Deddy Mizwar Resmikan Ciletuh-Palabuhanratu Festival 2016

KAB SUKABUMI - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival 2016 (CGF) di pantai Batu Ngamprak Ujung Genteng, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/08/16).

CGF 2016 yang akan berlangsung hingga tanggal 28 Agustus ini diadakan dalam rangka memperkenalkan potensi keragaman hayati, budaya dan taman kebumian Ciletuh kepada masyarakat luas dengan mengundang peserta dari Thailand, Singapore, Malaysia dan New Zeland. Tiga unsur keragaman tersebut juga yang akan menjadi bahan penilaian Unesco sebagai syarat masuk ke jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG) yang akan diputuskan pada tanggal 22 Desember 2017.

Seperti dikatakan Wagub Deddy Mizwar, setelah ditetapkan menjadi geopark nasional akhir Desember 2015 lalu, target yang akan dicapainya kali ini yaitu masuk dalam UGG, sehingga Geoprak Ciletuh akan menjadi pariwisata yang diakui dan berkelas dunia yang dimiliki Jawa Barat. "Geopark Ciletuh ini sudah diresmikan secara nasional oleh Kementerian ESDM tahun lalu, target kita tidak hanya sampai disana, kita ingin ada pengakuan Unesco menjadi Unesco Global Geopark makanya kita adakan acara ini," ujar Deddy.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi agar Geopark Ciletuh ini diakui dunia yaitu harus ada perluasan wilayah. Awalnya kawasan Geopark Ciletuh hanya memiliki 3 Kecamatan dan 15 Desa, kini telah diperluas menjadi 15 Kecamatan dan 17 Desa. "Diperluas sampai Ujung Genteng dan Cisolok, kemudian kultur apa saja ada disini juga persiapan masyarakatnya guna menyongsong Geopark Unesco ini, makanya kita akan latih masyarakat disini," terangnya.

Infrastruktur dan akses penunjang lainnya juga sedang disiapkan oleh pemerintah seperti pelebaran jalan, pembangunan tol yang akan tersambung ke Tol Bocimi untuk jangka panjang, hingga pembangunan Bandara. "Infrastruktur akan terus kita kejar dan benahi termasuk membangun Bandara di Citarate selain jalan yang ada, disamping juga tempat penginapan akan kita dirikan," kata Deddy.

CGF 2016 yang dihadiri oleh staf ahli dari Kementerian Pariwisata, Kementerian ESDM, Kemenko Bidang Kemaritiman, Wakil Bupati Sukabumi dan juga tim Asesor Unesco ini menghadirkan banyak rangkaian acara. Tari Cepet khas Kecamatan Ciracap menjadi pembuka acara diiringi oleh Geokite atau layangan hias yang menambah indahnya langit di Pantai Batu Ngamprak. Di sebelah selatan di Samudera Hindia para nelayan lokal juga menyambut festival ini dengan menghiasi perahu mereka.

Aksi Geosurf atau membersihkan pantai melalui aksi surfing dari mancanegara menjadi rangkaian acara yang menarik untuk disaksikan. Sebelumnya Wagub Deddy Mizwar juga melepas aksi Geobike yang diikuit oleh ratusan peserta dengan menempuh rute dari Tamanjaya hingga Pantai Pangumbahan dan diiringi oleh rangkain vespa kolecer.

Acara menarik lainnya juga akan disajikan hingga pukul 10 malam dan berakhir hingga siang esok harinya. "Kalau ingin lihat emperan surga datanglah ke Ciletuh, mudah-mudahan keindahan alam ini membuat kita berkomitmen untuk menjaganya dan mensyukurinya dengan cara memberdayakan masyarakatnya untuk meningkatkan perekonomian," pesan Deddy.( Dikutif Humas Kota Bogor )