Beranda >

Berita > Peringati Idul Adha 1437H, Usmar Ingatkan Umat Islam Saling Berbagi


12 September 2016

Peringati Idul Adha 1437H, Usmar Ingatkan Umat Islam Saling Berbagi

Pada momentum Hari Raya Idul Adha 1437 H tahun ini, Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman Menunaikan ibadah Salat Ied di Masjid Kompleks Perumahan Villa Indah Pajajaran, Bogor, Senin (12/9/2016). Usai salat, Usmar berpesan  bahwa esensinya umat Islam harus saling berbagi. usmar mengingatkan kepada  umat muslim yang berkecukupan secara ekonomi untuk melaksanakan salah satu sunnah dengan menunaikan ibadah kurban.

"Contohnya seperti Nabi Ibrahim AS yang diuji Allah SWT untuk mengurbankan anaknya, Ismail. Meski lantas akhinya ditukar dengan hewan kurban," ungkap Usmar yang ditemui usai menunaikan ibadah Salat Ied.

Apa yang telah dilakukan Nabi Ibrahim, tutur Usmar, merupakan sebagai sinyal bentuk pengorbanan dimana Nabi Ibrahim telah diberikan nikmat yang luar biasa oleh Allah SWT. "Hal itu akhirnya direpresentasikan dengan melakukan kurban oleh Nabi Ibrahim AS, dan itu implementasinya kepada kita-kita sampai saat ini," ujarnya.

Jadi, lanjut Usmar, kepedulian sosial  kepada sesama diasah dengan dianjurkan berkurban bagi yang mampu untuk dibagikan kepada mereka yang tidak mampu dengan esensi yang paling hakiki adalah mengenai kepedulian sosial kepada sesama. "Ibadah dan kepedulian sosial kita ini didasari oleh keimanan yang kuat seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim yang begitu yakin atas ujian yang diberikan Allah SWT," imbuhnya. (Donni/Foto:Agus-eto)