Beranda >

Berita > Sadari Pentingnya Ber-KB, 40 Pasutri Jadi Peserta KB Lestari


28 September 2016

Sadari Pentingnya Ber-KB, 40 Pasutri Jadi Peserta KB Lestari

Sejak mulai dicanangkan pada tanggal 19 September 2016 lalu, hingga Rabu, 28 September 2016, Puskesmas Tanah Sareal berhasil menjaring peserta KB Lestari sebanyak 40 orang. Pelayanan pemasangan alat kontrasepsi yang dilaksanakan dalam rangka Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK KB Kes ini mendapat respon positif dari warga.

Demikian dijelaskan Koordinator PLKB Kecamatan Tanah Sareal Feni, Rabu (28/9/2016). Feni mengungkapkan, pemasangan alat kontrasepsi di Puskesmas Tanah Sareal sebetulnya sudah rutin dilaksanakan. Namun terkait dengan Kesrak PKK KB Kes peserta yang dilayani yaitu peserta yang menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang. Seperti Implant yang sekali pasang untuk jangka waktu 3 tahun dan IUD dengan jangka waktu 8 tahun. “Tujuannya untuk menekan angka kelahiran melalui alat kontrasepsi,” ujar Feni.

Menurutnya alat yang lain seperti pil, suntik dan kondom juga bagus tetapi yang efektif untuk jangka panjang yaitu Implant dan IUD. Dengan kontrasepsi itu bisa menunda kehamilan lebih panjang, 3 sampai 8 tahun. “Jadi tujuan pemasangan alat kontrasepsi ini bukan untuk menyetop tetapi sebagai salah satu cara dalam pengendalian jumlah penduduk,” jelas Feni.

Feni menambahkan, dalam Kesrak PKK KB Kes ini capaian yang sudah diperoleh  Kecamatan Tanah Sareal hampir 90%. “Hari ini diharapkan 30-40 dari sasaran dapat tercapai,” harapnya. “Mudah-mudahan warga masih akan terus datang hari ini untuk diberikan pelayanan,” lanjutnya.

Selain di Kecamatan Tanah Sareal, pemasangan alat kontrasepsi untuk jadwal hari ini dilakukan juga di Puskesmas Warung Jambu Kecamatan Bogor Utara dan di Kecamatan Bogor Selatan. (Tria-eto).