Beranda >

Berita > Yane Ardian Terima Penghargaan Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional 2016


30 September 2016

Yane Ardian Terima Penghargaan Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional 2016

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berprestasi dalam dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis (29/9/2016) dalam acara Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Salah satu penerima anugerah adalah Bunda PAUD Kota Bogor Yane Ardian.

Yane Ardian menerima Anugerah Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2016. Sebagai Bunda PAUD, Yane menerima penghargaan atas sejumlah prestasi dan kepeduliannya terhadap pendidikan anak usia dini di Kota Bogor Terutama atas kepedulian pendidikan anak usia dini yang berkebutuhan khusus. “Banyak paud-paud yang tidak paham dan tidak mau menerima anak-anak berkebutuhan khusus. Saya perjuangkan agar anak-anak berkebutuhan khusus dapat diterima di pendidikan anak-anak usia dini di Kota Bogor,” ujar Yane usai menerima penghargaan.

Selain itu, Yane dianggap telah memberikan inspirasi terhadap pendidikan anak usia dini di Kota Bogor. Khususnya terhadap larangan bagi PAUD se-Kota Bogor untuk memberikan materi Calistung di tingkat PAUD. PAUD hanya khusus untuk bermain dan melatih motorik anak-anak. “Prestasi ini saya dedikasikan untuk seluruh mitra dan paud se-Kota Bogor,” sambung Yane.

Ke depan, Yane berharap agar dalam mendidik anak-anak, tidak hanya menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan semata. Tetapi perlu kepedulian dan kolaborasi antara lembaga pendidikan dengan orang tua murid. “Artinya kita harus seimbang antara pendidikan anak-anak yang diterima di sekolah dengan pola asuh yang diberikan orang tua kepada anaknya. Jadi pendidikan anak dan orang tua dan guru harus terjalin dengan baik sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

Dalam pemberian penghargaan pagi tadi, sebelumnya Iriana menyatakan bangga atas prestasi yang sudah ditorehkan seluruh insan pendidikan.  "Saya bangga pada perwakilan 34 provinsi yang hadir dan dapat penghargaan Anugerah PAUD. Ada seleksi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi," kata Iriana.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan, Anugerah PAUD merupakan bentuk penghargaan pada guru, ketua gugus dan bunda PAUD serta tokoh yang peduli dengan PAUD. Anugerah kali ini mengusung tema, Gerakan Nasional Paud Berkualitas: Memberikan Awal Terbaik Bagi Masa Depan Bangsa.

Penghargaan diberikan pada 15 Bunda PAUD provinsi, 31 Bunda Paud Kabupeten/Kota, 10 Bunda PAUD kecamatan dan 10 Bunda PAUD desa. Mereka dinilai berjasa dan peduli dalam mewujudkan Paud berkualitas.

Penghargaan juga diberikan pada lima organisasi mitra dan tujuh sosok peduli PAUD. Mereka juga dinilai memberikan akses dan kualitas PAUD, mengilhami keberadaan PAUD di kepulauan, pesisir, daerah terpencil dan semi kota yang padat penduduk.  

Kemudian, penghargaan lainnya diberikan pada 27 guru PAUD berprestasi, 13 pemenang lomba cerita rakyar, 15 pemenang lomba lagu anak, 18 pemenang cerita anak elektronik dan 15 pemenang permainan mendidik. Serta penghargaan diberikan pada tujuh anak usia dini yang berprestasi sebagai penghafal Alquran, seni tari, lukis dan olahraga. (Gus-Eto)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk