Beranda >

Berita > 50 Lukisan Dipamerkan di Mall BTM


30 September 2016

50 Lukisan Dipamerkan di Mall BTM

Mengapresiasi sekaligus mewadahi hasil kreasi para kurator seni se-Kota Bogor, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor menggelar Pameran Seni Rupa. Acara yang menggandeng Paguyuban Seni Rupa dan mall BTM ini berlangsung Kamis hingga Rabu, 29 September - 5 Oktober 2016 di lantai empat mall BTM. Puluhan lukisan hasil karya seniman pelukis asli Kota Bogor dipamerkan kepada seluruh pengunjung mall BTM umtuk kali pertama. hadir membuka acara, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Ekbang Kesra) Erna Hernawati.

Erna mengatakan, pameran lukisan ini merupakan wadah menjalin komunikasi antara pelukis senior dan junior dalam menampilkan hasil karyanya kepada kolektor lukisan. Selain itu kegiatan ini sekaligus bisa digerakan untuk mengajak generasi muda dalam berkarya seni dan mendongkrak peluang usaha di bidang ekonomi kreatif. Dimulai dari pameran yang kedepan akan dilanjut dengan mendukung penuh acara Pasar Seni Sehari bagi para seniman.

"Kami bangga dan berterimakasih kepada para seniman yang luar biasa ini untuk terus berjuang meningkatkan ekonomi kreatif lewat semua karya-karyanya," ujar Erna.

Sementara Kepala Disbudparkreaf Kota Bogor Shahlan Rasyidi mengatakan, kegiatan ini tidak sekedar menampilkan lukisan saja namun juga memamerkan bonsai, arca, patung, hingga keris. Tujuannya untuk menampung aspirasi dan memfasilitasi hasil karya seni dari para seniman perupa di mall karena di Kota Bogor belum memiliki galeri seni.  "Di Desember nanti kami akan buat Pasar Seni di GOR Pajajaran. Mereka ini sebagai salah satu penggerak ekonomi kreatif yang harus didukung Pemkot," terang Shahlan.

Kurator Seni Rupa Yana WS menjelaskan dalam pameran ini terdapat sekitar 50 lukisan dari karya 25 seniman pelukis yang tiga diantaranya merupakan perempuan. Menurutnya pameran lukisan seperti ini cukup potensial dan penting keberadaanya di Kota Bogor sekalipun fasilitasnya masih minim. Tetapi setidaknya lewat pameran ini masyarakat bisa mengetahui informasi terkait lukisan langsung dari para kuratornya.  "Harapan kami lukisan bisa terjual dan bisa jadi ajang unjuk gigi dari seniman yang sudah berkreasi,” ungkapnya.

Untuk diketahui pameran yang berlangsung selama satu minggu ini juga akan menggelar berbagai lomba. Sebut saja lomba melukis/ mewarnai, lomba sketsa live, dan melukis bareng seniman. (fla/lani/silka/dita) dkw