Beranda >

Berita > Bima : Muliakanlah Anak Kita


01 Oktober 2016

Bima : Muliakanlah Anak Kita

Tindak kekerasan pada anak bisa mempengaruhi perkembangan anak. Padahal selalu ada kemungkinan orangtua  melakukan kekerasan pada anak, baik fisik maupun verbal yang dapat menyakiti perasaan anak. Hal itu dinyatakan oleh Walikota Bogor, Bima Arya di hadapan ratusan anak-anak usia dini dan para orangtua serta para guru yang menghadiri perayaan Hari Anak Nasional 2016 Kota Bogor, di Plaza Balaikota Bogor, Ju’mat (30/9).

Itu sebabnya pada kesempatan tersebut Bima mengajak para orangtua dan guru memperlakukan anak-anak lebih manusiawi dan menjadikannya humanis serta melimpahkan kasih sayang. ”Sentuh anak-anak dengan kata dan kalimat yang indah, sapalah dengan sapaan yang mulia dan bermartabat. Seperti Rasulullah yang selalu menyapa anak dan istrinya dengan sapaan yang indah dan penuh makna,” katanya.

Di negara-negara maju, anak-anak memiliki keberanian dan kepercayaan diri untuk tampil di depan orang banyak. Bukan hanya anak yang sudah tergolong remaja, melainkan juga anak usia dini. Mereka memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa. Hal itu bisa terjadi menurutnya, “Karena sejak dini mereka sudah dihormati, dimuliakan dan dijejali kasih sayang oleh orang tuanya.” Di samping itu mereka diberi kesempatan, diajak bicara dan dipanggil dengan panggilan yang romatis. “Sehingga mereka tumbuh dengan percaya diri serta menjadi sosok yang sempurna,” lanjut Bima.

Perhatian dan kasih sayang yang dicurhakan mampu menyeimbangkan kemampuan motorik, kognitif dan yang lainnya. Untuk itu menurut Bima, kita harus memuliakan anak sedini mungkin, perlakukan mereka semanusiawi mungkin, penuhi dengan curahan dan limpahan kasih sayang. “Keluarga yang berlimpah kasih sayang merupakan benteng yang kokoh, jika kecolongan di lingkungan dan di sekolah, keluarga akan mampu menjadi benteng pertahanan yang kokoh,” tuntasnya.(rahmat/tria/agus/adt)Mor