Beranda >

Berita > Kabar Gembira Bagi yang Ingin Berkarir di Pemerintahan


22 Agustus 2014

Kabar Gembira Bagi yang Ingin Berkarir di Pemerintahan

Bagi yang ingin berkarir di bidang pemerintahan, ada kabar gembira karena seleksi penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN) untuk tahun 2014 telah dibuka, berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 892.1 / 4189 tanggal 19 Agustus 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2014.

Adapun syarat-syaratnya :

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia Peserta Seleksi per tanggal 1 Desember 2014 berusia minimal 16 ( enam belas ) tahun dan maksimal berusia 21 ( dua puluh satu ) tahun;
  3. Nilai rata – rata Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar ( STTB ) Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) minimal 7,00 ( tujuh koma nol nol) dengan tahun kelulusan 2012, 2013 dan 2014;
  4. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm;
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat;
  6. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan;
  7. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan;
  8. Bersedia mentaati segala peraturan kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan atau melanggar peraturan pendidikan dan;
  9. Siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak.

 

 

Persyaratan administrasi yang harus dilengkapi :

  1. Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
  2. Foto copy Ijazah/STTB SMA/MA yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, untuk SMA/MA Negeri Legalisir oleh Kepala Sekolah, SMA Swasta Legalisir oleh Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat untuk MA Swasta Legalisir oleh Kepala Sekolah dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota setempat;
  3. Surat keterangan berbadan sehat dari Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) / Rumah Sakit TNI/Rumah Sakit POLRI/Puskesmas Pemerintah setempat;
  4. Biodata Calon Peserta Seleksi, (format disediakan panitia);
  5. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil / melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp 6000,- ( Format di sediakan oleh Panitia );
  6. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala peraturan kehidupan praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui oleh orang tua/ wali yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6000,- (format disediakan oleh panitia);
  7. Surat Pernyataan siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani diatas materai Rp 6000,- (format disediakan oleh panitia);
  8. Pas foto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata ukuran 3x4 sebanyak 6 lembar dan 4x6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang merah;
  9. Persyaratan administrasi tersebut di buat rangkap 3 (tiga) terdiri dari 1 berkas asli dan 2 berkas salinan Foto copy , disusun rapi dan dimasukan ke dalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita, ditujukan kepada Tim Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kota Bogor.

 

Tempat dan waktu pendaftaran :

  1. Pendaftaran seleksi penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2014 Kota Bogor bertempat di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Bogor Jl.Ir.H.Djuanda No 10 Bogor.
  2. Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 23 Agustus s.d tanggal 29 Agustus 2014 pukul 08.00 s.d 16.00 WIB.

 

Tahapan seleksi meliputi :

  1. Seleksi Administrasi;
  2. Tes Psikologi dan Tes Integritas dan Kejujuran;
  3. Tes Kesehatan;
  4. Tes Kesamaptaan / Jasmani;
  5. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT);
  6. Tes Ulang Kesehatan;
  7. Tes Ulang Kesamaptaan/Jasmani;
  8. Wawancara Penentuan Akhir (Pantukhir).

 

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2014 berhak mengikuti Pendidikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan siap ditempatkan di kampus IPDN Pusat atau Kampus IPDN Daerah.

Apabila terdapat pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi Calon Praja IPDN Tahun 2014 dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/ oknum tersebut.

Setiap tahapan dalam Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2014, dibawah pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Jadi bagi yang berminat terjun di birokrasi dan ingin membangun negara ini lewat jalur pemerintahan, segeralah mendaftar. Negara menantimu. (Tim Humas)