Beranda >

Berita > Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bagian Organisasi Gelar Workshop


20 Oktober 2016

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bagian Organisasi Gelar Workshop

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Bogor menggelar Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Evaluasi Standar Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat. Workshop digelar di Hotel Royal Jl. Ir. H. Juanda Bogor, selama dua hari, Kamis-Jumat (20-21 Oktober 2016).

Workshop yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat ini diikuti oleh sekitar 150 peserta perwakilan dari SKPD, BUMD dan aparutur wilayah se-Kota Bogor.

Kegiatan ini perintah Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 yang menyatakan bahwa setiap OPD harus menyusun dan menetapkan standar pelayanan. Di Kota Bogor masing-masing OPD sudah mempunyai standar pelayanan. “Tetapi UU juga mengamanatkan bahwa standar ini perlu dievaluasi yang harus memenuhi beberapa kriteria,” jelas Ade, pada saat membuka workshop, Kamis (20/10/2016).  

Oleh karena itu, lanjut Ade, supaya mengevaluasinya  jelas untuk kepentingan memperbaiki standar ke depan, perlu dilakukan workshop agar evaluasi di Kelurahan satu dengan lainnya sama. “Workshop digelar selama dua hari dan besok kami simpulkan apa yang harus dievaluasi untuk dijadikan referensi untuk kepentingan perbaikan,” ujar Ade.

Ade menambahkan, mungkin bisa saja standar pelayanan di Kelurahan berbeda dengan dinas-dinas karena Kelurahan berhadapan langsung dengan masyarakat. Demikian juga dengan BPPTPM dan instansi lainnya. ‘Dalam workshop ini dievaluasi juga terkait penetapan tarif biaya pelayanan. Kalau sudah ditetapkan tidak ada lagi cerita biaya di bawah meja dan lainnya,” pungkas Ade. (Tria/Gus-eto)