Beranda >

Berita > Tiga Sekolah Wakili Kota Bogor dalam Lomba Sekolah Sehat Tk. Prov.


24 Oktober 2016

Tiga Sekolah Wakili Kota Bogor dalam Lomba Sekolah Sehat Tk. Prov.

Sebanyak tiga sekolah di Kota Bogor akan mewakili Kota Bogor dalam Lomba Sekolah Sehat. Ketiganya adalah SD Insan Kamil, SMPN 6 dan MAN 2. Ketiga sekolah ini sudah diseleksi sebelum mewakili Kota Bogor dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Proses awal sebelum melaju ke penilaian tingkat provinsi, ada seleksi yang dilakukan oleh tim penilai Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kota Bogor yang merupakan tim gabungan dari berbagai institusi atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Penilaiannya nanti akan dilakukan oleh tim penilai kesehatan tingkat provinsi untuk wilayah I.

"Mudah-mudahan seperti yang saya tadi sampaikan, bahwa apapun yang nanti akan dihasilkan kaitan dengan indikator-indikator sekolah sehat yang dimulai dari siswa sehat, sekolah dengan lingkungan sehat bisa menjadikan para anak-anak kita betul-betul bisa mengoptimalkan dalam upaya peningkatan kesehatan di masing-masing jenjang sekolah," papar Usmar, Senin (24/10/2016).

Tetapi jauh lebih penting lagi, kata Usmar, adalah upaya kesehatan sekolah yang diwakili masing-masing strata terlepas dari apapun hasilnya harus menjadi standar mutu seluruh sekolah yang ada di Kota Bogor.

"Seperti tadi saya sampaikan juga percuma kalau hanya SD Insan Kamil saja yang sehat, sementara SD yang lainnya tidak. Begitu pun juga dengan SMPN 6 dan MAN 2, kalau SMP dan SMA/SMK sederajat lainnya tidak," ujarnya.

Artinya apa, ini berarti bahwa program ini harus masif dan menyentuh standarisasi kesehatan sekolah. "Karena ini sangat penting, generasi yang akan datang berada pada pundak anak-anak kita yang dimulai dari kebiasaan pola hidup sehat," imbuhnya. (Donni/Ismet/Agus-eto)