Beranda >

Berita > Lomba Sekolah Sehat Jadi Ajang Peningkatan Derajat Kesehatan dan Pendidikan Anak


24 Oktober 2016

Lomba Sekolah Sehat Jadi Ajang Peningkatan Derajat Kesehatan dan Pendidikan Anak

Lomba sekolah sehat merupakan lomba yang memang sudah diagendakan rutin setiap tahunnya. Lomba ini diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota, sampai tingkat provinsi dan tingkat nasional. Lomba ini jadi ajang peningkatan derajat kesehatan dan pendidikan anak-anak.  

Ketua Tim Juri Lomba Sekolah Sehat Tingkat Wilayah I Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 Pantjawidi, di Ruang Paseban Sri Bima, Senin (24/10/2016) menjelaskan, kegiatan ini  sebagai bahan monitoring, evaluasi, pembinaan, dan untuk meningkatkan derajat kesehatan anak-anak untuk mencapai mutu pendidikan yang berkualitas.

"Karena, kita setuju sekali bahwa antara pendidikan dan kesehatan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, dalam lomba sekolah sehat ini diharapkan bukan hanya sebagai lomba, tapi terus dikampanyekan mengenai pola hidup sehat," paparnya.

lomba sekolah 414

Tentu, kata Pantjawidi, seperti apa yang disampaikan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, bahwa negara yang maju dimulai dari warganya yang sehat. "Karena tidak mungkin suatu negara maju bila warganya sakit-sakitan, dan akan menjadi beban bagi negara," ujarnya.

Pada lomba sekolah sehat ini, Kota Bogor diwakili tiga sekolah dari masing-masing strata. Untuk jenjang sekolah dasar diwakili SD Insan Kamil, untuk sekolah menengah pertama oleh SMPN 6, dan untuk jenjang SMA/SMK sederajat diwakili SMAN 2. (Donni/Ismet/Agus-eto)