Beranda >

Berita > PBB BIRUKAN GEDUNG MERDEKA DAN GEDUNG SATE  


25 Oktober 2016

PBB BIRUKAN GEDUNG MERDEKA DAN GEDUNG SATE  

BANDUNG -- Masyarakat Kota Bandung menyaksikan penampilan yang berbeda dari Gedung Sate dan Gedung Merdeka pada Senin (24/10/16) malam. Kedua gedung iconic ini bersinar biru. Ini adalah partisipasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka peringatan HUT Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-71 yang bertema “Turn Indonesia UN Blue”( “membirukan” Indonesia PBB ).

Partisipasi ini merujuk pada surat dari United Nations Information Centre Jakarta Nomor A/6-6/22-16  tanggal 4 Oktober 2016, tentang partisipasi peringatan HUT PBB ke 71. Peringatan tersebut dilakukan dengan cara ”Membirukan” dengan penyinaran lampu berwarna biru PBB terhadap bangunan ikon daerah pada tanggal 24 Oktober 2016 mulai pukul 18.00 WIB.

Pada peringatan HUT PBB ke-70 tahun lalu, hanya Monas dan Borobudur yang diterangi cahaya biru, tahun ini bangunan  yang diharapkan berpartisipasi  adalah Aceh Tsunami Museum, Monas di Jakarta, Gedung Merdeka di Bandung, Candi Prambanan di Yogyakarta, Pura Taman Ayun di Bali, Monumen Khatulistiwa di Pontianak, dan Monumen Bukit Kasih di Manado. 

Menurut Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Drs. H. Sonny Adisudarma M.Si. Pemerintah Provinsi Jawa Barat merespon positif surat permintaan yang disampaikan oleh Miss Sunaina Lowe Direktur United Nations Informations Centre Jakarta, karena pada peringatan Hari PBB ini merupakan momentum untuk memelihara dan membina serta lebih mempererat hubungan baik antara PBB dan Indonesia serta mempromosikan pesan perdamaian, pembangunan dan hak asasi manusia. 

Dijelaskan Direktur United Nations Information Center Jakarta, Sunaina Lowe dalam suratnya, ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menegaskan hubungan eratnya dengan PBB dan untuk menyebarluaskan pesan global akan perdamaian, pembangunan, dan hak asasi manusia.  

Untuk membirukan kedua gedung tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat dukungan  dari PT. Philips Indonesia untuk mengubah Gedung Sate yang selama ini berwarna-warni ketika malam hari, dan Gedung Merdeka pada tanggal 24 Oktober nanti akan menjadi biru.( Dikutif Humas Kota Bogor )