Beranda >

Berita > 736 Siswa SMP/SMA Meriahkan LaSastra 5


25 Oktober 2016

736 Siswa SMP/SMA Meriahkan LaSastra 5

Sebanyak 736 peserta tingkat SMP dan SMA se-Jawa Barat, DKI, dan Banten mengikuti LaSastra 5 ke-16 yang diselenggarakan SMAN 5 Kota Bogor. Lomba satra dan Bahasa Indonesia yang diselenggarakan untuk yang ke-16 kalinya itu dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Selasa (25/10/2016).  

Ketua panitia M. Restya Fathin mengatakan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dan membludak dibanding kegiatan serupa tahun sebelumnya. Jika tahun 2015 lalu hanya diikuti 500 peserta, kini melonjak menjadi sebanyak 736 peserta dari tingkat SMP dan SMA sederajat. Untuk jenis mata lomba, Fathin mengungkapkan terbagi ke dalam 11 jenis mata lomba. Dimana untuk peserta setingkat SMP berbeda dengan peserta dari tingkat SMA.

"Untuk jenjang SMP ini ada enam lomba. Yaitu pidato non teks, menulis puisi, membaca puisi, membuat poster, mendongeng, dan membuat cerpen. Sedangkan untuk jenjang SMA ada lima lomba. Yaitu berbalas pantun, monolog, musikalisasi puisi, meresensi novel, dan reportase," jelas Fathin.

Digelarnya LaSastra itu, menurut Fathin, sebagai wadah penyalur bakat siswa dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan. Melalui kegiatan itu juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan para siswa pada bahasa Indonesia. "Acara LaSastra ini juga dalam rangka memperingati Bulan Bahasa," imbuhnya. (Donni/Tria/Indra-eto)