Beranda >

Berita > MPR RI Gandeng PGRI Kota Bogor Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan


25 Oktober 2016

MPR RI Gandeng PGRI Kota Bogor Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

PGRI Kota Bogor bersama dengan MPR RI melaksanakan sosialisasi empat Pilar Kebangsaan. Sosialisasi yang diikuti para tenaga pendidik di Kota Bogor ini digelar di Aula UPBJJ-UT Bogor, Jl. Soleh Iskandar Kota Bogor, Selasa (25/10/2016).Kegiatan yang dihadiri puluhan tenaga pendidik dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

 

“Pilar itu ibarat tiang penyanggah, dimana perannya sangat sentral dan menentukan kokohnya bangunan. Andai tiang tidak kokoh maka robohlah bangunannya. Sebagai penghuni, kita akan merasa nyaman jika memiliki pilar-pilar yang kokoh dan kuat. Rumah yang memiliki pilat atau tiang yang kokok dengan sendirinya kuat dalam menghadapi segala ancaman cuaca," ujar Ade.

 

Turut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Fahrudin dan Ketua PGRI Kota Bogor Basuki. Ade juga memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan sosialisasi empat pilar yang disampaikan bagi tenaga pendidik. "Karena pendidikan adalah ibu kandung kehidupan," tegas Ade.

 

Dalam kesempatan itu Fahrudin ikut menyambut baik kegiatan sosialisasi empat pilar ini. Fahrudin mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah penyegaran tentang empat pilar sebagai pilar pengokoh. Sosialisasi kepada para guru dan kepala sekolah dianggap sudah tepat. “Untuk selanjutnya diteruskan pemahamannya kepada para siswa. Sehingga mampu meningkatkan kebanggaan dan kesadarannya sebagai bagian dari warga negara yang harus ikut mengisi pembangunan serta mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjut Fahrudin yang telah mengikuti lima kali kegiatan serupa.

 

Sementara itu Basuki dalam penjelasannya menyatakan, kegiatan sosialisasi ini selalu diikuti lebih dari 100 peserta dari 6000 anggota PGRI Kota Bogor. Selama penyelenggraan sosialisasi, pihaknya selalu menggundang guru yang belum pernah mengikuti kegiatan ini. “Tujuannya agar terjadi pemerataan ilmu terkait pemahaman empat pilar kebangsaan yang disampaikan anggota MPR RI," ungkap Basuki.

 

Ketua Badan sosialisasi empat pilar kebangsaan Ahmad Basarah menambahkan, sosialisasi ini bagian tanggung jawab dan tupoksi MPR RI. Bagi para anggota MPR RI diwajibkan untuk  mensosialisasikan empat pilar, khususnya di dapil masing-masing. Ahmad Basarah menambahkan, sejak ditetapkan kegiatan sosialisasi, PGRI merupakan satu-satunya organisasi atau lembaga yang menjadi mitra kerja MPR secara permanen dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

"Salah satu alasan mendasar dam fenomental menjadikan PGRI sebagai mitra kerja dalam sosialisasi ini karena masa depan bangsa dan negara bangsa Indonesia, sejatinya ada di tangan ibu bapak guru sekalian. Di tangan ibu bapak gurulah persemaian tunas-tunas bangsa Indonesia dipupuk," pungkas Ahmad Basarah.

 

Selain Ahmad Basarah turut hadir anggota MPR RI lainnya seperti Deding Ishak, Syafrudin, Abraham Liyanto dan  Khatibul Umam Wiranu. (rabas/agus-eto)