Beranda >

Berita > Lapas Mencari Bakat 2016, Ajang Menggali Bakat Terpendam Narapidana


26 Oktober 2016

Lapas Mencari Bakat 2016, Ajang Menggali Bakat Terpendam Narapidana

BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Bandung menggelar acara Lapas Mencari Bakat 2016 yang diikuti oleh ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) perempuan dari 10 UPT Pemasyarakatan di Jawa Barat.

 

Ajang pencarian bakat ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di halaman dalam LPP Kelas IIA, Arcamanik Kota Bandung, Rabu (26/10). Dalam acara tersebut sebanyak 17 kreasi seni ditampilkan oleh para WBP perempuan.

 

Wagub Deddy Mizwar mengatakan, disamping sebagai media hiburan untuk memelihara kondisi psikologis warga binaan, kegiatan ini juga dapat memberikan ruang ekspresi untuk menyalurkan bakat dan minat mereka.

 

“Kalau disini ada yang jago akting nanti akan saya ajak main film kalau sudah keluar,” ucap Wagub yang disambut oleh tepuk tangan para warga binaan. Ia pun menerima sebuah lukisan karya dari salah seorang WBP perempuan

 

Selain untuk menggali bakat-bakat terpendam di lingkungan Lapas, menurut Wagub, ajang ini juga sekaligus untuk memberikan apresiasi bagi setiap hasil karya warga binaan selama menghuni Lapas. Dengan begitu Ia berharap akan terbangun kepercayaan diri para warga binaan dan terdorong motivasinya untuk terus mengembangkan bakatnya sebagai bekal untuk berkarya ketika kembali ke tengah-tengah masyarakat.

 

“Saya ucapkan selamat menunjukkan kebolehannya masing-masing dan selamat berbagi keceriaan dengan Warga Binaan lainnya,” kata Wagub.

 

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung, Suprobowati mengungkapkan, maksud diadakannya ajang ini untuk meningkatkan kreativitas warga binaan agar terus berkarya walaupun berada di belakang tembok jeruji besi.

 

“Supaya saat keluar nanti bisa bermanfaat bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Kondisi di Lapas pun akan menjadi lebih kondusif dengan adanya acara ini,” ujarnya. Konsep rehabilitasi dan reintegrasi sosial ini juga menurutnya bertujuan agar narapidana tidak mau lagi melakukan tindak pidana.

 

Lapas Mencari Bakat 2016 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Dharma Karyadhika 2016. Sebelumnya telah diadakan serangkaian acara antara lain, Bulan Bhakti Pelayanan dan Penegak Hukum, Olahraga dan Seni, Bhakti Sosial dan Jambore Kemanusiaan di Kabupaten Garut. Seluruh kegiatan tersebut melibatkan WBP dari seluruh Rumah Tahanan dan Lapas se-Jawa dan Sumatera.( Dikutip Humas Kota Bogor )