Beranda >

Berita > Jabar Sehat Dengan Cuci Tangan Sebagai Kebiasaan 


27 Oktober 2016

Jabar Sehat Dengan Cuci Tangan Sebagai Kebiasaan 

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan angka rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai upaya memerangi penyakit menular penyebab utama kematian anak-anak, seperti diare dan ISPA pneumonia (radang paru). 

Data Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa pada tahun 2015, rumah tangga ber PHBS di Jawa Barat mencapai 53,7%. Kemudian desa/kelurahan di Jawa Barat yang telah melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebanyak 3.532 desa/kelurahan atau 59,2% dari total 5.962 desa/Kelurahan yang ada di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyebutkan cuci tangan dengan sabun adalah adalah perilaku hidup bersih dan sehat yang paling sederhana, terjangkau dan efektif dalam memutus mata rantai kuman. 

“Tangan seringkali menjadi perantara kuman atau pathogen, berupa virus atau bakteri sumber penyakit, yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, baik dengan kontak langsung ataupun tidak langsung. Tangan yang bersentuhan dengan kotoran, atau benda yang terkontaminasi, ketika tidak dicuci dengan sabun, dapat memindahkan bakteri, virus dan parasit pada tubuh,” katanya pada pencanangan komitmen bersama ‘cuci tangan sebagai kebiasaan’, bersama kurang lebih 1000 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), serta Ketua TP PKK Netty Heryawan, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, dan jajaran Forkopimda Jabar lainnya, di area Parkir Timur Gedung Sate Bandung, Rabu (26/10/2016).

Sementara itu, dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, penduduk Jawa Barat dengan usia lebih dari 10 tahun yang berperilaku cuci tangan dengan benar sebesar 45,7%. Meskipun masih dibawah rata-rata nasional (47%), persentase penduduk Jawa Barat yang berperilaku cuci tangan dengan benar meningkat signifikan jika dibandingkan pada tahun 2007 yang hanya mencapai 27,2%.
 
Aher menambahkan, mencuci tangan secara benar yaitu mencui tangan pakai sabun khususnya di lima waktu penting , yakni; (1) sebelum makan, (2) sebelum menyiapkan makanan, (3) setiap kali tangan kotor, seperti: setelah memegang uang, binatang, berkebun, setelah buang air besar, setelah menceboki bayi/anak, (4) setelah menggunakan pestisida/insektisida; dan (5) sebelum menyusui bayi.
 
Dari data yang dirilis UNICEF, sebanyak 3,5 juta anak - anak diseluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur lima tahun karena penyakit diare dan ISPA. Rilis data UNICEF juga menyebutkan bahwa resiko relatif dampak tidak mencuci tangan dari percobaan intervensi adalah 95% menderita diare. Kemudian mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi resiko diare hingga 47 %.( Dikutip Humas Kota Bogor )