Beranda >

Berita > 40 Guru SMP Kota Bogor Ikut Pelatihan Pendidikan Demokratis


24 Januari 2017

40 Guru SMP Kota Bogor Ikut Pelatihan Pendidikan Demokratis

Sebanyak 40 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bogor mengikuti Program Pelatihan Guru Untuk Pendidikan Demokratis. Pelatihan yang digagas Universitas Paramadina bekerjasama dengan Konrad Adenaur Stiftung (KAS) Jerman, digelar di Kinanti Room Hotel Salak The Heritage, Jl.Juanda Kota Bogor, Selasa (24/1/2017).

Wali Kota Bogor Bima Arya yang secara resmi membuka pelatihan pendidikan demokratis menyampaikan kegiatan ini sangat penting. Bima mengatakan, tantangan terbesar terkait demokratis saat ini adalah mulai defisitnya keteladanan atau role model dan metodenya. “Dua hal tersebut saya harapkan betul dijadikan atensi dan perhatian,” kata Bima yang mengaku belajar demokratis dari sosok sang ayah.

Untuk literatur demokratis, menurut Bima dapat dengan mudah dicari melalui akses internet. Tetapi bagaimana memberikan keteladanan, cara menginspirasi dan bagaimana memiliki metode pengajaran yang demokratis yang mampu memberikan anak-anak substansi demokratis yang tidak sekedar prosedurnya, itu jauh lebih penting. Menurut Bima, saat ini komunikasi satu arah dalam pembelajaran sudah tidak relevan.  Bima mengakui mendidik anak usia sekolah dasar tidaklah mudah, namun setidaknya ada hal yang mulai ditanamkan.(humas:rabas/indra-eto)