Beranda >

Berita > Ciletuh dan Pangandaran Akan Jadi KEK Pariwisata


20 Februari 2017

Ciletuh dan Pangandaran Akan Jadi KEK Pariwisata

BANDUNG – Kawasan Geopark Ciletuh dan Pangandaran akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang Pariwisata oleh Pemprov Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan hal tersebut sedang diusulkan kepada Kementerian Pariwisata. Hal ini Aher ungkapkan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (20/2/17). “Dua-duanya sedang kita siapkan. Sebagian Pangandaran dan sebagian Ciletuh sedang diusulkan ke Kemenpar (Kementerian Pariwisata) untuk menjadi KEK bidang Kepariwisataan,” ungkap Aher.

KEK ini dibuat untuk mendukung kedua kawasan wisata tersebut agar lebih berkembang. Aher berharap melalui KEK ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga bisa berdampak langsung untuk peningkatan ekonomi masyarakat. "Saya kira tema pertumbuhan ekonomi via Pariwisata harus diperbesar dan diperluas dimana-mana. Karena ini nyaman dan dampaknya utuh dimiliki oleh masyarakat,” ujar Aher.

Untuk itu, Pemprov Jabar akan memperbaiki dan membuat infrastruktur pendukung KEK. Seperti di Ciletuh saat ini pemerintah telah membangunan infrastruktur seperti jalan, juga berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti hotel dan jaringan komunikasi melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Sementara di Pangandaran, runway Bandara Nusawiru akan diperpanjang agar semakin bergeliat aktivitasnya.

“Kawasan ini akan semakin ditata, semakin rapih, semakin nyaman. Yang kedua akan lebih difokuskan menjadi tempat destinasi wisata, sehingga semakin banyak juga spending money di sana kan. Dan pada saat yang sama juga kita berbicara dampak, dampaknya pasti meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Aher.