Beranda >

Berita > Lantik 232 Pejabat Eselon Pemprov Jabar, Aher Tekankan Loyalitas dan Kinerja


22 Februari 2017

Lantik 232 Pejabat Eselon Pemprov Jabar, Aher Tekankan Loyalitas dan Kinerja

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melantik sebanyak 232 orang Pejabat Eselon II, III & IV di lingkungan Pemprov Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Selasa (21/2/17). Dalam sambutannya, Aher menekankan bahwa dirinya hanya ingin dua hal dari pegawainya, yaitu kinerja dan loyalitas.  "Sekali lagi, yang saya inginkan adalah dua hal saja, kinerja dan loyalitas. Hadirkan performance yang baik, kinerja yang terbaik untuk bangsa dan negara," pinta Aher di hadapan pejabat yang dilantik.

 

"Hadirkan pula loyalitas yang terbaik. Untuk siapa loyalitas kita? Untuk negara, untuk pimpinan negara, untuk pimpinan daerah. Menyukseskan visi-misi negara berarti loyal kepada negara. Menyukseskan visi-misi pimpinan tertinggi negara, presiden, berarti loyal kepada presiden. Dan menyukseskan visi-misi pimpinan tertinggi di daerah, gubernur, bupati/walikota, berarti loyal kepada pimpinan daerah. Camkan bersama ini adalah pemahaman yang harus lurus pada ASN-ASN kita," paparnya.

 

Aher juga menegaskan bahwa sebuah jabatan yang diemban bukanlah sebuah kemuliaan. Kemuliaan akan hadir manakala jabatan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab tanpa penyimpangan, serta berorientasi pada pelayanan publik yang maksimal.

 

"Saya ingin menegaskan bahwa jabatan ini adalah amanat dan beban. Dia bukan kemuliaan. Tapi manakala jabatan ini dilaksanakan dengan baik, jujur, penuh tanggung jawab, dan tanpa penyimpangan, berorientasi kinerja, berorientasi melayani masyarakat, berorietasi menyelesaikan masalah sosial, pelayanan masyarakat dalam berbagai bidangnya dan dilaksanakan dengan baik dan jujur. Maka disitulah baru beban tersebut berubah jadi kemuliaan," tegas Aher.

 

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 821.2/Kep.162-BKD/2017 tanggal 20 Februari 2017 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pegawai Negeri Sipil Dalam dan Dari Jabatan Struktural/Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Dan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 821.2/Kep.163-BKD/2017 tanggal 20 Februari 2017 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pegawai Negeri Sipil Dalam dan Dari Jabatan Struktural/Jabatan Administrasi di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

 

Melalui pelantikan ini, Provinsi Jawa Barat hampir menyelesaikan pengangkatan dan pemindahan pejabat struktural sesuai dengan susunan SOTK baru. Aher pun mengapresiasi BKD Jawa Barat atas kerja cepatnya dalam menempatkan para Pejabat Eselon di lingkungan Pemprov Jawa Barat.  "Hampir tidak ada, satu atau dua masih ada (yang kosong). Ketika ada hal yang spesifik, ada jabatan-jabatan tertentu yang memerlukan SDM spesifik. Ketika tidak ketemu kita kosongkan sementara lalu kita cari," tukas Aher.

 

"Yang masih kosong seperti Eselon IV. Yang detail, urusan detail banget. Itu jabatan-jabatan yang memerlukan SDM spesifik," tambahnya.

 

Melalui SOTK baru, ada 29 Balai baru di lingkungan Pemprov Jawa Barat. Lima balai di Dinas Kehutanan, tiga balai di Dinas Kelautan dan Perikanan, tujuh balai di Dinas Pendidikan, dan lima balai pengawasan ketenagakerjaan di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.  "Totalnya ada 29 balai baru," kata Kepala Badan Kepegawian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Sumarwan usai acara pelantikan.( dikutip Humas Kota Bogor )