Beranda >

Berita > Bima Pastikan Kerusakan Akibat Longsor Segera Diperbaiki


22 Februari 2017

Bima Pastikan Kerusakan Akibat Longsor Segera Diperbaiki

Kerusakan akibat longsornya jalan penghubung  di Kampung Mandala RT 01/09, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara pada Selasa (21/02/2017) pagi akan secepatnya diperbaiki. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya saat mengunjungi lokasi longsor sore harinya dan didampingi Lurah Ciparigi. Bima segera menginstruksikan Kecamatan dan Kelurahan untuk berkordinasi dengan PLN, PGN dan Telkom karena di lokasi banyak jaringan dan utilitas lain yang dikhawatirkan ikut rusak..

Bima juga meminta untuk dibuat pembatas agar lokasi longsor tidak dilalui warga, karena kondisi tanah sekitarnya sangat rentan terjadi longsor susulan. Hal itu dilakukan sambil dibuat penutupan untuk menahan derasnya air sungai. Sedangkan untuk perbaikan jalan tersebut akan diambil dari biaya tak terduga untuk penanganan bencana. Bima memastikan, "Diusahakan cepat diperbaiki."

Menuurut Darman (70), salah seorang warga  setempat, longsornya jalan penghubung ke RT 01/09 tersebut karena hujan deras yang terus mengguyur. Debit air sungai jadi bertambah  sehingga saluran air tidak mampu menampung dan akhirnya air meluap ke jalan. Pada jam 09.00 pagi saat salah seorang warga melewati jalan selebar empat meter tersebut, terdengar bunyi gemuruh dari bawah dan seketika tanah langsung amblas. Beruntung warga tersebut selamat karena langsung lari ke ujung jalan. "Sekarang warga takut lewat jalan ini dan harus memutar ke jalan lain,” katanya (fla/adit/indra/hari/reysha) Mor