Beranda >

Berita > Wali Kota Kukuhkan 45 Personil Banpol Satpol PP Kota Bogor


18 Maret 2017

Wali Kota Kukuhkan 45 Personil Banpol Satpol PP Kota Bogor

Sebanyak 45 personil Bantuan Polisi (Banpol) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor Tahun 2017 resmi dikukuhkan, Wali Kota Bogor Bima Arya secara langsung memimpin upacara pengukuhan di Lapangan Resimen II Satuan Pelopor Korps Brimob, jalan KS Tubun, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (18/03/17).

Sebelum mengukuhkan, dihadapan para banpol Satpol PP Kota Bogor Bima menyampaikan, bahwa kapasitas dan kualitas menjadi dua persoalan terkait tupoksi Satpol PP Kota Bogor dalam menegakan Peraturan Daerah (Perda). ”Keterbasan petugas atau personil karena minumnya jumlah personi, tapi persoalan kualitas, masih adanya laporan warga terkait Satpol PP di lapangan,” kata Bima.

Bima berpesan untuk senantiasa menjaga fisik dan stamina. Hal ini mutlak bagi para Banpol Satpol PP agar dapat menjalankan tupoksi  dengan baik dan maksimal. "Menegakan Perda perlu stamina yang prima, memastikan  perda berjalan perlu kekuatan fisik saat menjalankan tugas dilapangan. Selain fisik, mental juga penting. Saya ingin banpol yang baru dilantik agar benar-benar menegakan harga diri dan wibawa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor,” tegasnya.

Harga diri katanya, tidaklah terletak pada seragam dan senjata, tetapi pada wibawa dan kesetiaan pada aturan yang berlaku. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Brimob Resimen II Satuan Pelopor Korps yang telah memberikan pelatihan. "Saya membutuhkan pasukan yang tidak mempan sogokan, bujukan dan rayuan. Tegakan perda tanpa pandang bulu, karena kewibawaan Pemkot Bogor ada dipuncak kalian," ungkapnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Bogor Herry Karnadi menyebut, dari 45 personil Banpol Satpol PP Kota Bogor yang dikukuhkan, 12 diantaranya wanita. Namun untuk 
tugas yang akan dijalani 95 persen  akan bertugas dilapangan.  "Khusus untuk personil wanita lebih ditugaskan kepada sisi dan  sosok yang lebih humanis seperti sosialisasi,” tuturnya.

Untuk tugas awal kata Herry, semua personil Banpol Satpol PP akan diberikan kemampuan dasar yang sama untuk kualifikasi sebagai anggota Satpol PP Kota Bogor. 
"Nantinya akan kita bentuk unit-unit sesuai kemampuan yang dimiliki semua personil,” ujar Heri.

Diakhir pasukan Banpol  Satpol PP melaksanakan apel victory dan bagi 45 personil banpol Satpol PP Kota Bogor yang telah dilantik diharuskan menempuh perjalanan ke Mako Satpol PP dengan berjalan  kaki. 

Sebelumnya, 45 personil banpol Satpol PP sudah mendapatkan pelatihan selama satu pekan mulai 13 hingga 18 Maret 2017, tiga hari di Panjang Jiwo dan tiga hari di Mako Brimob dibawah Intrukstur dari Satpol PP maupun anggota Brimob yang telah ditunjuk. (humas:Rabas/adt/hari) SZ

 

 

 

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk