Beranda >

Berita > Aturan Angkutan Online Segera Dirumuskan


24 Maret 2017

Aturan Angkutan Online Segera Dirumuskan

Pemerintah daerah baik Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor telah bersepakat akan merumuskan aturan yang lebih teknis dan lebih detail tentang angkutan berbasis aplikasi (online), termasuk aturan untuk angkutan aplikasi roda dua.

Nantinya, seperti dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya saat digelarnya forum rembuk dan sosialisasi pengaturan tentang transportasi berbasis aplikasi (online) di Ruang Paseban Sri Bima, Balaikota, Jumat (24/03/17), akan dirumuskan aturannya dalam bentuk peraturan wali kota atu peraturan bupati.

"Lantas yang kedua, telah sepakat juga untuk berkomunikasi intens dengan manajemen angkutan online yang dengan sangat kita minta keterlibatannya untuk bersama-sama merumuskan aturannya," jelas Bima.

Kemudian hal selanjutnya, masih kata wali kota, bahwa berdasarkan arahan dari Mabes Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kemenkominfo, bahwa akan didengarkan juga aspirasi dan masukan dari warga selaku pengguna jasa transportasi. Hal itu tidak lain agar pelayanan kepada warga lebih maksimal.

"Itu pada intinya, dan insya allah aturan itu akan segera dirumuskan bersama dengan ibu bupati supaya memiliki payung hukum yang jelas dan di lapangan pun menjadi lebih kondusif," bebernya.

Begitu pun halnya dengan Bupati Bogor, Nurhayanti yang menyatakan jika dirinya sepakat dengan apa yang telah disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya untuk tetap dan selalu menjaga kondusifitas di masing-masing wilayah.

Peristiwa yang telah terjadi selama beberapa hari ke belakang, katanya, jelas sebuah kejadian yang sangat tidak menguntungkan bagi kedua pemerintah daerah. Oleh sebab itu, keduanya sepakat untuk secara bersama-sama merumuskan aturan baik berupa peraturan wali kota maupun peraturan bupati.

"Jadi semuanya sama-sama warga Bogor, baik warga Kota Bogor maupun warga Kabupaten Bogor. Oleh karenanya memang perlu adanya pengaturan yang jelas. Sehingga warga Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor yang berusaha di angkutan online bisa dengan tenang mencari nafkah," tutur Nurhayanti.

Sebab, masih kata bupati, kedua pemerintah daerah akan berupaya untuk bersikap adil dengan regulasi yang jelas dan tegas untuk memayungi seluruh kepentingan masyarakat secara umum. (Donni/Indra/Ivo/Yuni)