Beranda >

Berita > Pramuka DKC Jadi Garda Terdepan Pembentukan Karakter


26 Maret 2017

Pramuka DKC Jadi Garda Terdepan Pembentukan Karakter

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor melantik 17 Dewan Kerja Cabang (DKC) masa bhakti 2016-2020 di Sekretariat Kwarcab Kota Bogor Jalan Papandayan, Kota Bogor, Sabtu (25/03/17).

Pelantikan anggota DKC ini tidak hanya sekedar mengemban tugas untuk mengembangkan pramuka Penegak dan Pandega. Tetapi lebih dari itu, para anggota DKC dituntut untuk mengembalikan karakter anak muda Indonesia yang semakin pudar.

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Bogor Maman Suherman mengatakan, program pengembangan penegak dan pandega disesuaikan dengan kondisi sekarang. Terutama dalam hal membangun karakter anak muda yang memang saat ini remaja Indonesia sedang mengalami krisis karakter. Pramuka sebagai sebuah organisasi berlandaskan undang-undang harus menjadi garda terdepan membentuk karakter yang baik dan religius.  "Dulu karakter bangsa masih bagus, anak-anak masih bisa ngaji, sosialisasi dengan teman tapi sekarang waktunya lebih banyak dihabiskan untuk bermain dan hiburan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DKC Kota Bogor Yulistiani menambahkan, pelantikan DKC ini merupakan langkah awal pegabdian sebagai anggota untuk masa bakti 2016-2020. Banyak amanah yang tentunya harus dijalankan dengan baik dan dengan rasa penuh tanggung jawab. Diharapkan setiap program kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi Pramuka Kota Bogor dan juga masyarakat.

Berbagai program kegiatan sudah direncanakan DKC, mulai dari kegiatan Pokok, partisipasi tingkat daerah, dan partisipasi tingkat Nasional. Sementara kegiatan besar DKC di 2017 yakni Perkemahan Wirakarya (PW) Cabang yang  untuk pertama kali dilaksanakan di Kota Bogor, perkemahan bakti dengan terjun langsung ke masyarakat dan bersama masyarakat. Kemudian Raimuna Daerah dan Raimuna Nasional yang merupakan kegiatan istimewa bagi Penegak Pandega karena dilaksanakan 5 tahun sekali. 

Terkait dengan pembangunan karakter, lanjut Yulistiani, pramuka mempunyai peran penting. Jika seorang pramuka benar-benar memenuhi syarat kecakapannya sudah pasti karakternya akan terbentuk. Misalnya tentang hal kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap dirinya sendiri saja sudah pasti akan terlihat dan tidak ada anak Pramuka yang tawuran. "Maka dari itu kami DKC ingin kembali meningkatkan minat penegak pandega Kota Bogor untuk berperan aktif dengan memenuhi syarat kecakapannya," pungkasnya (fla/ismet) SZ