Beranda >

Berita > Yane : Pendidik PAUD Bangun Karakter Anak


26 Maret 2017

Yane : Pendidik PAUD Bangun Karakter Anak

Ada tiga macam jenis pendidik atau pengajar. Pertama, pendidik yang senang belajar untuk menambah ilmu dan wawasan tetapi tidak bisa menyampaikan ilmunya kepada peserta didik. Kedua, pendidik yang senang belajar untuk menambah ilmu untuk kemudian disampaikan tetapi tidak bisa mengaplikasikannya kepada dirinya sendiri. Yang ketiga, adalah pendidik yang senang belajar untuk mengisi dirinya, lalu mengaplikasikannya dan menyampaikannya kepada peserta didik. 

Hal itu diungkapkan Bunda PAUD Kota Bogor Yane Ardian dalam sambutannya di acara penutupan seminar pendidikan holistik berbasis karakter di Gedung Widaya Wisuda IPB Dramaga Bogor, Sabtu (25/03/17).

Menurut Yane, jika tutor PAUD yang mengikuti pelatihan ini memiliki tipe pendidik nomer 3, itu luar biasa. Ia berharap jangan sampai setelah mendapat pendidikan lalu menyampaikan kepada peserta didik tanpa memahami isi materi itu sendiri.

"Karakter sangat dibutuhkan di negeri kita. Pelatihan berbasis karakter ini termasuk dalam kecerdasan emosional. Banyak orang sukses karena intelektualnya bagus, tetapi segera hancur apabila tidak memiliki kecerdasan emosional," jelasnya 

Sebagai bunda PAUD, ia mengaku ingin membangun Kota Bogor melalui anak-anak PAUD yang dididik oleh tutor dengan basis karakter. Anak adalah investasi, merekalah yang akan membangun negeri ini. "Mudah-mudahan para tutor Paud Kota Bogor yang mengikuti pelatihan ini bisa mengaplikasikan kepada diri sendiri dan juga peserta didik," Harap Yane. (Tria/Indra). SZ