Beranda >

Berita > Aher Bagikan Ribuan Bibit Cabai Kepada ASN Pemprov Jabar


27 Maret 2017

Aher Bagikan Ribuan Bibit Cabai Kepada ASN Pemprov Jabar

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) membagikan 2.121 bibit cabai siap tanam kepada para pegawai Pemprov Jabar dan masyarakat saat apel pagi di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (27/03/17).

Pembagian bibit ini dalam rangka meningkatkan gerakan tanam cabai di masyarakat guna pemenuhan kebutuhan konsumsi sekaligus untuk stabilitas harga cabai. "Saya berharap teman-teman ASN di rumah dan halaman kampung masing-masing bisa menyebarkan semangat tanam cabai," harap Aher.

Aher mengatakan, pihaknya telah mencanangkan gerakan tanam cabai ini sejak 10 Januari 2017 lalu  dimulai dengan gerakan "ngipuk" cabai melalui sistem penyemaian di kelompok tani Wargi Panggupay Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Menurutnya, selain sebagai bumbu dapur, cabai juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Penelitian menyebutkan pedasnya cabai bisa menyegarkan otot-otot saraf dan mencegah kepikunan seperti halnya kopi. "Amanat saya supaya tidak pikun di masa tua perbanyak minum kopi dan makan cabai," ujarnya.

Cabai juga bisa dimanfaatkan menjadi warung hidup yaitu menaman tanaman bumbu dapur bersama tanaman lainnya seperti bawang-bawangan, seledri, tomat dan sebagainya di halaman atau pekarangan rumah. "Warung hidup itu bagus kan, cabai tanam sendiri, bawang- bawangan, sereh di pekarangan rumah bisa jadi solusi," terangnya.

Sebagai tindak lanjut dari gerakan ngipuk cabai ini, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar telah siap untuk membagikan bibit cabai kepada masyarakat. Untuk tahap awal akan dibagikan sebanyak 31.934 bibit cabai dalam polybag yang tersebar di 8 Balai pada Dinas tersebut.

Dinsos Jabar melalui sembilan balainya dan 12 sub unit balai juga telah menghasilkan bibit cabai sebanyak 10.666 bibit yang sudah dibagikan dan sudah ditanam oleh masyarakat termasuk keluarga penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Selanjutnya pembagian bibit cabe ke masyarakat akan dilaksanakan secara serentak oleh kedelapan Balai pada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar yang tersebar di berbagai lokasi, yaitu di Ciganitri dan Pangalengan di Kabupaten Bandung, Cianjur, Sumedang serta Cirebon.( dikutip Humas Kota Bogor )