Beranda >

Berita > Bima : Perbaikan Sekolah adalah Perbaikan Kultur


30 Maret 2017

Bima : Perbaikan Sekolah adalah Perbaikan Kultur

Penyerahan bantuan program Peduli Sekolah dari Bank Jabar (BJB) untuk 15 Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Bogor dilakukan secara simbolis Kepala Kantor BJB Cabang Kota Bogor Irwan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya, Kamis (30/03/17) di ruang kelas SDN Layung Sari I, Jalan Layung Sari III, Kota Bogor. Program Peduli Sekolah ini diberikan BJB kepada sekolah-sekolah yang telah lolos seleksi pengajuan proposal untuk perbaikan toilet di sekolahnya. “Bantuan ini memang tidak besar, tahap pertama ini hanya Rp 5 Juta persekolah,” kata Irwan.

Irwan menuturkan, program Corporate Social Responsibility (CSR) rutin dilakukan BJB setiap tahunnya. Namun, baru di tahun ini bantuan CSR diarahkan untuk perbaikan fasilitas toilet. Hal ini karena adanya informasi jika masih banyak sekolah di Kota Bogor yang toiletnya rusak. Meski begitu, BJB mengakui masih belum maksimal dan ingin hal ini dapat memicu kepedulian dari perusahaan lain untuk ikut membantu. “Harapan kami program ini bisa berkesinambungan dan anak-anak semakin semangat serta sehat karena toiletnya bersih,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, perbaikan toilet ini bukan saja hanya sekadar perbaikan fisik namun juga membangun kultur. Menurutnya, selama ini bangsa Indonesia hanya terampil membangun namun tidak mahir merawat. Maka, dengan perbaikan toilet ini juga sekaligus untuk mendidik anak-anak agar mempunyai kultur merawat dan menjaga kebersihan. “Pesan saya semoga pembangunan ini efektif dan setelahnya dapat dirawat karena ini bagian dari membangun karakter dan akhlak,” pungkasnya (fla/indra/mina/nurrachmat) SZ