Beranda >

Berita > 1.000 Pohon Siap Ditanam di Jalur Hijau


04 April 2017

1.000 Pohon Siap Ditanam di Jalur Hijau

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima sebanyak 1.000 pohon dari PT. WIKA dan PT. Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku kontraktor dan pemilik pembangunan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB di jalan KH. Soleh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor sebagai bentuk tanggung jawab pergantian pohon.

Pohon tersebut diterima langsung Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Taman Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperukim) Kota Bogor Erwin Gunawan, Senin (03/04/17).

Menurut Erwin, pohon sebanyak itu untuk mengganti pohon-pohon yang terimbas proyek Tol BORR Seksi IIB di jalan KH Soleh Iskandar. Pohon yang diberikan antara lain Kenari, Bungur, Mahoni, Sempur, Kayu Manis dan lain-lain. “Kurang lebih ada 12 jenis pohon sesuai dengan jenis pohon yang ditebang,” ungkap Erwin.

Pohon-pohon tersebut selain jenisnya bervariasi juga memiliki ketinggian 2-3 meter. Tanaman ini pun sudah dipertimbangkan untuk ditanam di jalur hijau atau di tanah fasilitas sosial (fasos) fasilitas umum (fasum) yang ada di Kota Bogor. “Untuk sementara pohon ini kami tampung dulu di kebun bibit jalan Ciremai Ujung untuk penyesuaian aklimatisasi  sebelum kami tanam,” jelasnya.

Perwakilan dari Litbang Kementerian Kehutanan Edi Laksana  yang turut mendampingi menambahkan, penggantian pohon ini sesuai dengan kesepakatan. Semua jenis pohon ini kondisinya bagus dan sehat, sedangkan untuk jenis pohon ada sekitar 12 jenis dan yang paling banyak pohon mahoni dan kenari. “Pohon kenari ini memang cocok dengan icon Bogor, jumlahnya ada sekitar 250 pohon dan sisanya mahoni, bungur, sempur dan kayu manis. Berdasarkan pengamatan semuanya dalam kondisi sehat dan cocok untuk ditanam di Kota Bogor,”ujarnya. (Tria/Mala). SZ

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk