Beranda >

Berita > Selain Kuliner, Kini Wisatawan Bisa "Berburu" Batik Angkot di Kota Bogor


22 April 2017

Selain Kuliner, Kini Wisatawan Bisa "Berburu" Batik Angkot di Kota Bogor

Saat ini semakin banyak motif batik Bogor yang berkembang, oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ingin mengkampanyekannya. Setidaknya sudah ada enam pengusaha batik mandiri, salah satunya Batik Handayani Geulis yang meluncurkan satu motif baru dengan mengangkat salah satu ikon Kota Bogor yaitu Batik Angkot.

Sebab, Pemkot Bogor menginginkan siapapun wisatawan yang mengunjungi Kota Bogor terutama dari wilayah Jakarta dan sekitarnya nanti tidak hanya berbelanja kuliner, namun juga "memburu" batik khas Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan hal tersebut saat menyampaikan sambutan acara peluncuran batik motif angkot Handayani Geulis di pintu empat Kebun Raya Bogor, jalan Pajajaran, Sabtu (22/04/2017). "Jadi kita ingin ketika warga Jakarta datang ke sini tidak hanya mencari kuliner, tapi juga batik Bogor, terutama Batik Angkot ini. Terima kasih atas partisipasi dari Ibu Ratna, Handayani Geulis," kata Bima.

Pada acara peluncuran batik angkot tersebut, selain dihadiri sejumlah unsur pimpinan Muspida dan beberapa kepala dinas, juga turut diikuti komunitas yang didominasi kaum wanita. 

Bahkan, Wali Kota dan Istrinya Yane Ardian, Sekretaris Daerah (Sekda) Ade Sarip Hidayat dan Istrinya, Kapolresta Bogor Kota Kombespol Ulung Sampurna Jaya, Kepala Kejari Kota Bogor Rd. Muhammad Teguh Darmawan dan Istrinya, Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm Dodi Suhardiman dan Istrinya dan tak ketinggalan Mahfud sang relawan pengatur lalu lintas yang nyentrik didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Rakhmawati hingga sopir angkot sempat melakukan catwalk bak model dengan mengenakan batik motif angkot yang berasal dari ide Wali Kota itu di pedestrian Kebun Raya Bogor. (Donni/Foto:Hari-Indra) SZ