Beranda >

Berita > 1.000 Pohon Dari PT. MSJ Disebar di Enam Kecamatan


28 April 2017

1.000 Pohon Dari PT. MSJ Disebar di Enam Kecamatan

PT. Marga Sarana Jabar (MSJ) memberikan 1.000 pohon sebagai bentuk ganti rugi atas 114 pohon yang ditebang dampak pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi II di sepanjang jalan Sholeh Iskandar (Sholis), Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. 50 bibit pohon diantaranya ditanam di acara Bulan Bakti Relawan Bogoh Ka Bogor, Jumat (28/04/2017) di UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak, Kota Bogor, sementara itu sisanya akan ditanam diseluruh kecamatan di Kota Bogor.

Direktur Teknik PT. Marga Sarana Jabar Tita Paulina mengatakan, dampak dari pembangunan Tol Borr ada 114 pohon dari 445 yang terpaksa ditebang. Sementara sisanya 331 pohon bisa dipindahkan dan 80 persennya sudah ditanam kembali. Dari 114 pohon yang ditebang, pihaknya mengganti 1.000 pohon yang sudah dilakukan penanaman sejak bulan Maret lalu dan disebar keenam kecamatan se-kota Bogor, 100 pohon jenis buah-buahan dan 900 pohon berjenis pohon keras. “1.000 pohon itu sudah ditanam semua, termasuk 50 bibit yang hari ini ditanam relawan Bogoh Ka Bogor,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono yang hadir dalam peringatan Hari Bumi bersama Relawan Bogoh Ka Bogor mengapresiasi pemberian pohon dari PT. MSJ. Meski begitu, ia sedikit kurang puas karena pohon buah-buahan yang sudah ia usulkan ke PT. MSJ ternyata jumlahnya tidak sesuai alias lebih banyak pohon keras. Padahal pohon buah-buahan bisa memberi lebih banyak manfaat baik, karena selain sebagai peneduh dan pemberi oksigen, buahnya bisa dinikmati warga dan burung. “Minimalnya masyarakat ketika menanam itu punya harapan dan anak-anak ketika main bisa memakan buahnya,” ucapnya.

Heri menambahkan, sebenarnya dalam pergantiam pohon ini ia lebih berharap diganti dengan tanaman buah. Sebab, jika tanaman keras seperti ini bisa meminta ke Kebun Raya Bogor. Apalagi ganti rugi pohon ini tidak diganti di jalan, tetapi disebar ke masyarakat. “Maka akan lebih baik jika pohon buah-buahan yang diberikan seperti pohon nangka, pohon jambu, pohon sukun, pohon durian dan pohon rambutan. Saya berharap PT MSJ bisa menyumbangkan lagi pohon buah, jangan hanya 100 pohon tapi 1.000 pohon,” harapnya. (fla/indra) SZ