Beranda >

Berita > LIPI : 2 Abad Kebun Raya Bogor Berikan Manfaat Bagi Kehidupan


18 Mei 2017

LIPI : 2 Abad Kebun Raya Bogor Berikan Manfaat Bagi Kehidupan

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, keberadaan Kebun Raya Bogor (KRB) dari masa ke masa setidaknya memiliki lima fungsi utama yang memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat secara luas.

Kelima fungsi itu disebutkan Zulkarnain, diantaranya adalah sebagai tempat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan lingkungan, wisata, dan jasa lingkungan. Bahkan juga berkontribusi dalam perekonomian masyarakat sekitar.

Hal tersebut dikatakan Zulkarnain saat acara dua abad KRB di Lapangan Teratai Raksasa, KRB, Kamis (18/05/2017), yang juga turut dihadiri sejumlah tamu VVIP. Diantaranya yaitu mantan Presiden RI kelima Megawati Soekarno Putri, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menkominfo Rudiantara, Wali Kota Bogor Bima Arya serta sejumlah duta besar negara sahabat, para kepala daerah dan undangan lainnya.

"Bila menilik sejarah panjang dalam kontribusinya bagi negeri ini sejak tahun 1.817 silam hingga sekarang, kiprah nyata Kebun Raya Bogor terlihat tajinya dalam beragam bidang penelitian untuk penyelamatan flora di Indonesia. Ini tampak dari banyaknya penemuan jenis baru tumbuhan, pengembangan kultur jaringan koleksi anggrek dan kantong semar, mekarnya rafflesia padma, dan masih banyak capaian penting lainnya," papar Zulkarnain.

Pada intinya, lanjut Zulkarnain, KRB menjadi salah satu benteng terakhir dalam penyelematan koleksi flora di negeri ini dan keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan. (Donni/Ismet/Foto:Indra) SZ