Beranda >

Berita > Jelang Pilkada 2018, KPU Kota Bogor Gelar Lomba Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi


23 Mei 2017

Jelang Pilkada 2018, KPU Kota Bogor Gelar Lomba Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018, Komite Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor melaksanakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kepemiluan dan Demokrasi Tahun 2017. Lomba yang dilaksanakan kedua kali ini melibatkan Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kota Bogor yang tersebar di enam kecamatan. Lomba digelar di Gedung Kemuning Gading Bogor, Selasa (23/5/2017).

Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna mengungkapkan, melalui kegiatan ini diharapkan para kaum wanita khususnya para kader PKK Kota Bogor dapat turut serta secara aktif dalam mengisi dan memberi makna secara positif terhadap proses demokrasi yang sedang berlangsung saat ini. Undang berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman demokrasi, menyebarkan pemahaman yang benar dan mengajak orang lain untuk turut serta berpartisipasi secara positif memberikan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti.

“Demokrasi hanya akan menjadi simbol-simbol belaka bila tidak didukung partisipasi aktif dari seluruh komponen bangsa. Termasuk kaum perempuan yang memiliki peranan penting dalam membangun keluarga yang sejahtera dan mendidik serta membangun karakter anak sebagai generasi penerus yang akan menjadi pemimpin-pemimpin yang akan datang,” jelas Undang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menambahkan, melalui kegiatan ini  diharapkan menjadi pengetahuan yang melahirkan kesadaran dalam diri masing-masing untuk menyalurkan hak politiknya pada setiap pesta demokrasi. ”Kesadaran ini semoga dapat ditularkan kepada kader-kader PKK lain yang ada di wilayahnya, keluarga, tetangga atau masyarakat secara luas sebagai salah satu kelompok pemilih,” tandas Ade.

Dalam lomba ini setiap kecamatan diwakili tiga orang Kader PKK terbaiknya yang telah dipersiapkan. Kelompok yang menang akan mendapat trophi dan uang tunai. Pada tahun sebelumnya, LCC Kepemiluan dan Demokrasi Tahun 2016 melibatkan para siswa SMA Sederajat. Pemenang LCC selanjutnya mewakili Kota Bogor dalam lomba yang sama di Tingkat Provinsi Jawa Barat. (humas:rabas/indra-eto)