Beranda >

Berita > Disparbud Gandeng Stakeholder Sosialisasikan Program Kepariwisataan


23 Mei 2017

Disparbud Gandeng Stakeholder Sosialisasikan Program Kepariwisataan

Untuk meningkatkan peran stakeholder dan masyarakat terhadap kepariwisataan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menggelar sosialisasi Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diikuti sebanyak 50 aparatur wilayah yang berasal dari enam kecamatan dan 44 kelurahan se-Kota Bogor.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Ririn, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (23/05/2017) dibuka oleh Kepala Disparbud Shahlan Rasyidi menghadirkan dua pembicara dari Universitas Sahid, Jakarta dan dari Balai Kemitraan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud Susilowati menerangkan, kegiatan sosialisasi itu merupakan program penunjang pariwisata daerah yang bertujuan memberikan wawasan kepada seluruh aparat di wilayah kecamatan dan kelurahan tentang adanya pemberdayaan masyarakat sebagai penggerak pariwisata di wilayah yang mempunyai potensi pariwisata.

"Tentunya para peserta ini telah kami pilah yang memang memiliki potensi pariwisata. Dengan begitu diharapkan adanya peningkatan peran dari stakeholder dan masyarakat dalam pembentukan Kompepar di wilayah," jelas Susi.

Melalui peran dari Kompepar atau Pokdarwis itu, lanjutnya, diharapkan juga dapat menumbuhkan daya tarik wisata baru di wilayah kelurahan-kelurahan yang mempunyai potensi pariwisata sebagai daerah tujuan wisata baru di Kota Bogor.

Sementara itu, Kepala Disparbud Shahlan Rasyidi menuturkan, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan bahwa disebutkan jika setiap daerah diwajibkan memiliki Pokdarwis. Ini terutama bagi daerah-daerah yang memiliki potensi.

"Meski secara umum seluruh kecamatan di Kota Bogor memiliki potensi, namun memang hanya beberapa saja kelurahan yang mempunyai potensi kepariwisataan. Sebut misalnya Kelurahan Situ Gede di Bogor Barat," ujarnya. (Donni) SZ