Beranda >

Berita > Sambut Raja Swedia, Aher Jelaskan World Class University & Stadion di Jawa Barat


24 Mei 2017

Sambut Raja Swedia, Aher Jelaskan World Class University & Stadion di Jawa Barat

KOTA BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyambut kedatangan Raja dan Ratu Swedia, Yang Mulia Raja Carl XVI Gustaf dan Yang Mulia Ratu Silvia di Stasiun Kereta Api, Jl. Stasiun Selatan No. 25, Kota Bandung, Rabu (24/5/17). Raja dan Ratu Swedia berada di Kota Bandung selama setengah hari dan dijadwalkan mengunjungi beberapa ikon Kota Bandung.

 

"Kendaraan yang dipake kesini (Bandung) juga kereta. Mungkin karena ingin melihat pemandangan dari Jakarta ke Bandung. Dia (Raja Carl) bilang alamnya berbukit-bukit, gunung-gunung, dan berkelok-kelok. Banyak sawah juga," ujar Aher usai menyambut kedatangan Raja dan Ratu Swedia.

 

Pada kesempatan ini, Aher yang juga didampingi istri, Netty Prasetiyani Heryawan, sempat berbincang mengenai potensi pendidikan tinggi atau universitas dan fasilitas olahraga di Jawa Barat terutama stadion. Kata Aher kepada Raja Carl, Jawa Barat memiliki beberapa universitas berkelas dunia.

 

"Saya bilang tadi, disini (Jawa Barat) banyak universitas besar, bahkan ada beberapa yang World Class University ada di Jawa Barat. Saya sebut tadi diantaranya ITB, Unpad, IPB," ungkap Aher.

 

Raja Carl juga sempat bertanya kepada Aher tentang fasilitas olahraga, terutama stadion yang ada di Jawa Barat. Aher mengatakan Jawa Barat memiliki lima stadion berstandar internasional di lima daerah.

 

"Dia (Raja Carl) bilang stadion. Stadion kita punya GBLA dan Jalak Harupat. Di tempat-tempat lain juga. Ada lima kan di Bekasi dua, Bogor, dan Bandung dua," jelas Aher kepada Raja Carl.

 

Berbeda dengan Raja Carl, Sang Ratu terpikat dengan keelokan alam Jawa Barat yang didominasi oleh hamparan sawah nan luas. Netty pun sempat bercerita mengenai Jawa Barat sebagai provinsi pemasok kebutuhan padi terbesar di Indonesia kepada Ratu Silvia.

 

"Tadi Ratu Silvia bilang sepanjang perjalanan (Jakarta-Bandung) dia melihat sawah. Saya katakan tadi pemandangan umum di Jawa Barat ini ya sawah. Kebanyakan beras itu produknya dari Jawa Barat," tutur Netty kepada Ratu Silvia.

 

Selain itu, Ratu Silvia juga mengaku pernah mengunjungi Indonesia sebelumnya, namun bukan kunjungan resmi atau bukan sebagai Ratu. Ketika itu dia disambut oleh anak-anak berseragam Pramuka. Oleh karena itu, Ratu Silvia sangat tertarik dengan Pramuka yang ada di Indonesia.

 

"Ratunya pernah berkunjung kesini tapi ga official ya, ga resmi. Mengunjungi beberapa teman termasuk kebanggaannya melihat seragam Pramuka itu jadi seragam yang sangat familiar disini," cerita Netty usai menyambut Ratu Silvia.

 

Raja Carl dan Ratu Silvia dari Kerajaan Swedia berada di Kota Bandung hingga Rabu sore. Raja dan Ratu dijadwalkan akan bertemu dengan Bobotoh atau Viking Persib di Alun-Alun Kota Bandung. Karena kabarnya salah satu hal yang membuat Raja Carl tertarik datang ke Bandung yaitu Viking Persib. Selain itu, mereka iuga akan mengunjungi Museum Konferensi Asia-Afrika serta menghadiri acara Triple Helix Model and Innovation di Kampus ITB Ganesha Bandung.(dikutip Humas Kota Bogor )