Beranda >

Berita > Peserta Helaran HJB 535 Tampilkan Beragam Budaya


16 Juli 2017

Peserta Helaran HJB 535 Tampilkan Beragam Budaya

Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias dalam rangka merayakan Hari Jadi Bogor (HJB) Ke-535 Tahun 2017, Minggu (16/07/2017) di jalan Sudirman Kota Bogor, para peserta menampilkan keunikan, kekayaan dan kekhasan yang dimilikinya, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, para perwakilan pemerintahan di wilayah seperti kecamatan dan kelurahan hingga para sanggar serta para komunitas..

Kegiatan yang dimulai dari Taman Air Mancur dan finish di Taman Kencana ini salah satunya menyuguhan seni bela diri pencak silat yang merupakan ikon cabang olahraga tradisonal Indonesia yang berjumlah 535 pesilat putra dan putri dari perguruan silat.   

Untuk rangkaian pawai OPD pada Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias HJB 535 diawali dari Inspektorat Kota Bogor dan diikuti dinas-dinas lainnya. Kegiatan helaran ini juga dimanfaatkan  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor untuk mempromosikan dan mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), mengingatkan bahaya asap rokok dan pentingnya berolahraga serta mengkomsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan. Turut serta para penyandang disabilitas yang berada dibawah bimbingan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor.

helaranhhh11

Tidak ketinggalan suguhan yang cukup unik dari rombongan Kecamatan Bogor Tengah yang mendandani Lurah Sempur Rena Da Frina dan Lurah Panaragan Rika Riana Riska Dewi  dengan mengenakan pakaian tradisional khusus laki-laki, lengkap dengan “kumis”-nya atau berpenampilan seperti “Ki Lengser”. Saat rombongan Kecamatan Bogor Barat melintas didepan panggung utama, Wali Kota Bogor Bima Arya secara spontan menuruni panggung untuk mengambil produk unggulan kerupuk yang dibawa peserta pawai dan diikuti para wakil serta anggota DPRD Kota Bogor, demikian pula saat rombongan Kecamatan Bogor Selatan yang membawa produk unggulannya berupa buah durian Rancamaya, Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman pun tidak mau ketinggalan untuk mengambil buah durian Rancamaya yang dibawa peserta.

Lagu mars Kota Bogor tidak ketinggalan dinyanyikan para peserta dengan aransemen berbeda-beda, berbagai kesenian juga disuguhkan sanggar-sanggar baik yang berasal dari Kota Bogor maupun luar Kota Bogor dengan menampilkan kesenian unggulan yang menjadi ciri khas sanggar masing-masing yang telah menorehkan prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, untuk sanggar yang tampil berasal dari luar Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya secara langsung memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan sanggar sebagai tanda penghormatan atas partisipasi dalam merayakan HJB Ke-535 Tahun 2017.(humas) SZ

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk