Beranda >

Berita > Ziarah Makam Pahlawan, Ajarkan Arti Perjuangan dan Pengorbanan Para Pahlawan


12 Agustus 2017

Ziarah Makam Pahlawan, Ajarkan Arti Perjuangan dan Pengorbanan Para Pahlawan

Dua hari menjelang peringatan Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017 Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat secara langsung memimpin upacara ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Kota Bogor, Sabtu (12/08/3017) pagi.

Dengan mengenakan seragam pramuka lengkap yang didampingi para pengurus Kwarcab Pramuka Kota Bogor mengikuti  upacara ziarah kubur yang berjalan hening dan penuh khidmat ditengah cuaca pagi yang agak mendung.

Seusai meletakan karangan bunga di tugu TMP Dreded Kota Bogor, Ade bersama pengurus dan anggota pramuka Kota Bogor mengheningkan cipta untuk mendoakan arwah para pahlawan kemerdekaan yang dilanjutkan dengan proses tabur bunga diatas pusara makam para pahlawan.

Kegiatan ziarah kubur makam pahlawan yang diikuti ratusan anggota pramuka Kota Bogor tersebut menurut Ade, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Kwarcab Kota Bogor sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang dengan gagah berani mengorbankan jiwa raga dan harta demi meraih kemerdekaan.

“Selain sebagai rangkaian dalam menyambut Hari Pramuka, kegiatan ziarah kubur ke makam para pahlawan juga untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” tuturnya.

Ia berharap dengan ziarah ke makam para pahlawan, para anggota Pramuka Kota Bogor khususnya dan generasi muda umumnya dapat mengambil hikmah dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan. “Tentunya kepada para generasi penerus bangsa dapat mengisinya dengan pembangunan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ade bersama para pengurus Kwarcab Kota Bogor secara khusus menyempatkan untuk tabur bunga di salah satu makam pahlawan bernama H. Soemaryo yang wafat pada 14 Desember 2000 yang merupakan salah seorang penggiat gerakan pramuka Kota Bogor.

“Semoga apa yang dilakukan almarhum menjadi sesuatu yang bernilai ibadah dan bagi pengurus Kwarcab Kota Bogor semoga dapat meneruskan usaha dan cita-citanya,” pungkasnya. (humas:rabas/indra) SZ

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk