Beranda >

Berita > Katulampa Juara Terbaik Ketiga Lomba Kelurahan Tingkat Nasional


16 Agustus 2017

Katulampa Juara Terbaik Ketiga Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor yang mewakili Provinsi Jawa Barat akhirnya berhasil menjadi Juara terbaik ketiga lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Nasional tahun 2017 yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Selasa (15/08/2017).

Sebelumnya, Kelurahan Katulampa menjadi satu-satunya perwakilan Kelurahan di Jawa Barat karena berhasil menjadi Kelurahan terbaik dan melaju ke tingkat nasional dengan Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur (Terbaik Pertama) dan Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Provinsi Bali (Terbaik Kedua). “Selamat untuk Lurah, LPM dan seluruh warganya, semoga menjadi semangat untuk kelurahan lain,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Rabu (16/08/2017).

Lurah Katulampa Taufik Rahman mengatakan, capaian ini merupakan kerja bersama namun sesungguhnya baru dimulai, karena masih banyak kekurangan yang harus dibenahi bersama agar dapat “memantaskan diri" untuk menjadi contoh dan objek studi bagi wilayah lain di Indonesia.  “Gemar Sawi (Gerakan Masyarakat Sadar Wilayah) yang digelorakan mulai dari Katulampa harus dilakukan di hati, agar hidup lebih berarti dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Menurut Taufik, perjalanan Kelurahan Katulampa dengan menggelorakan Gemar Sawi harus berawal dari diri dan lingkungan sendiri, juga harus didorong dengan ketulusan do'a dari masyarakat Katulampa  yang peduli dengan harga diri, martabat dan kemandirian Katulampa. “Gemar Sawi adalah energi keyakinan, kesadaran dan kejujuran,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Bogor Timur Adi Novan mengaku bersyukur dan bangga atas kerja keras semua pihak.  Tentunya raihan ini tidak sampai disini, ini adalah awal permulaan karena kegiatan di Kelurahan Katulampa semakin menggeliat dan ini hanya semacam dorongan bahkan motivasi untuk masyarakat semua. “Alhamdulillah Kelurahan Katulampa bisa meraih juara ketiga tingkat Nasional, bahkan sebelumnya terbaik di tingkat Provinsi,” tuturnya.

Ia mengaku memang ini perjuangan berat yang melibatkan warga dan ini suatu capaian luar biasa untuk Kelurahan Katulampa, khususnya warga, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) dan Lurah yang sudah bekerja keras, bahu membahu, sehingga mampu mewujudkan Katulampa terbaik ketiga tingkat Nasional.  “Jadi saya harapkan setelah acara penilaian ini tidak hanya selesai di lomba, tetapi masyarakat masih terus melakukan kegiatan dengan menggelorakan semangat Gemar Sawi dan Menjadikan Katulampa Kampung Wisata Berbasis Masyarakat yang merupakan harapan warga yang akan terus dikembangkan,” paparnya. (Humas)