Beranda >

Berita > Tidak Sesuai Konsep Awal, Pemkot Evaluasi Program KTKB


16 Oktober 2017

Tidak Sesuai Konsep Awal, Pemkot Evaluasi Program KTKB

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam waktu dekat ini akan melakukan penataan Kawasan Tanpa Kendaraan Bermotor (KTKB) atau Car Free Day (CFD) di jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tengah, Kota Bogor. Sebab, penataan ini perlu dilakukan karena situasi yang terjadi di kawasan tersebut sudah tidak sesuai dengan konsep awal yakni sebagai kawasan pusat olahraga.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya seusai menggelar rapat evaluasi Kawasan Tanpa Kendaraan Bermotor (KTKB) di ruang Paseban Punta, Balaikota Bogor, Senin (16/10/2017).

Bima mengatakan, saat dirinya meninjau kawasan KTKB situasinya sudah tidak tertata dengan baik. Sebelumnya, saat program KTKB dipindahkan ke jalan Jenderal Sudirman dari jalan Jalak Harupat Pemkot Bogor sudah membangun sistemnya. Pedagang di data, sistem kebersihan dan lalu lintasnya pun ditata.

“Tapi saat kemarin meninjau kawasan tersebut pedagang bukan hanya berjualan di badan jalan tetapi sudah masuk ke tengah jalan.Dulu kan konsepnya tidak seperti itu,” kata Bima.

Mengatasi permasalahan tersebut ia menawarkan dua opsi, yakni pedagang dipindahkan atau dilakukan penataan. Menurutnya esensi KTKB itu sebetulnya untuk berolahraga, bukan sebagai pasar. “Nah yang terjadi saat ini ya itu tadi pedagang berjualan sampai ke tengah jalan,” sebut Bima.

Ia menilai, untuk memindahkan pedagang ke kawasan GOR Pajajaran tidak mungkin bisa dilakukan karena aktivitas di GOR Pajajaran akan terganggu. “Jadi opsi nya yakni melakukan penataan pedagang di Kawasan Tanpa Kendaraan Bermotor,” pungkasnya. (Tria/Indra-SZ)