Beranda >

Berita > PDAM Kota Bogor Raih Perpamsi Award 2017


10 Desember 2017

PDAM Kota Bogor Raih Perpamsi Award 2017

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor meraih Perpamsi Award 2017 sebagai Peringkat Terbaik Kedua untuk kategori Operasional Kota Berpenduduk di atas 500.000 Jiwa.


Penyerahan diserahkan Kepala Badan Pembina BUMD DKI Jakarta  Yurianto mewakili Gubernur Anis Baswedan kepada Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya di sela-sela penyelenggaraan Musyawarah Kerja antar Perusahaan Air Minum Nasional (MAPAMNAS) XIII di Jakarta, pekan lalu.


Deni mengatakan, penghargaan itu diraih karena kinerja lembaga yang dipimpinnya meningkat, sehingga berkategori sebagai perusahaan daerah yang sehat. Penilaian itu diukur dari kondisi keuangan, manajemen, maupun sistem administrasi perusahaan."Kami sangat menyukuri atas apresiasi ini, tetapi tidak lantas membuat kami berbangga hati dan lengah," ujar Deni.

Deni menambahkan, pencapaian kinerja PDAM, tidak bisa dilepaskan dari dukungan Pemerintah Kota (Pemkot), DPRD Kota Bogor dan stakeholder, termasuk pelanggan. "Hal ini juga atas kinerja dan produktifitas kerja para karyawan seluruh bagian yang sudah bekerja lebih keras," tambah Deni.

Dia menyebutkan, dalam pengembangan usaha dan perbaikan layanan pelanggaan, PDAM Kota Bogor telah melakukan berbagai upaya. Antara lain berupa penambahan kapasitas produksi air dengan mengoptimalkan sumber-sumber air yang ada, memperluas jaringan perpipaan, penggantian jaringan perpipaan yang telah habis usia ekonomisnya, melakukan penanggulangan kebocoran, dan juga mendekatkan pelayanan pembayaran dengan konsumen.

Selain itu, tambah Deni, PDAM juga sudah melakukan kejasama dengan pihak perbankan dan juga Kantor Pos untuk menerima pembayaran pelanggan. ''Dengan cara ini, pelanggan tidak perlu lagi harus datang ke kantor PDAM untuk membayar rekening PDAM,'' jelasnya.

Ia menuturkan, penghargaan tersebut semakin memacu PDAM untuk memberikan pelayanan yang semakin baik pada masyarakat Kota Bogor. Sesuai dengan tagline Tirta Pakuan, Handal dalam Pekerjaan, Prima Dalam Pelayanan, kedepan perusahaan yang berkantor pusat di Jalan Siliwangi ini akan terus meningkatkan pelayanan dengan penyelenggaraan program berbasis Teknologi Informasi.

“Kami sedang mengembangan program SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) yang terintegrasi GIS (Geographic Information system). Dengan sistem ini, PDAM Kota Bogor dapat mengontrol kehilangan air dengan basis teknologi informasi,” urai Deni.

PDAM Kota Bogor bersanding dengan dua perusahaan air besar di Indonesia, yakni PT ATB Batam dan PDAM Kota Malang untuk kategori serupa. Dan PDAM Kota Bogor mengungguli 410 PDAM lain dari seluruh Indonesia untuk penghargaan ini. (humas)