Beranda >

Berita > 3.000 ASN Bertanding di PORPEMPROV XV/2017 Jabar


12 Desember 2017

3.000 ASN Bertanding di PORPEMPROV XV/2017 Jabar

BANDUNG -- Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pemerintah Provinsi (PORPEMPROV) XV/2017, diselenggarakan dalam suasana berbeda. Yakni dengan mengambil tempat di stadion atletik dan sepak bola di kawasan Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu (SPOrt) Jabar Arcamanik, di Bandung.

PORPEMPROV sendiri merupakan ajang pertandingan olahraga yang diikuti seluruh pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada tahun ini sebanyak 3.000 ASN dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Asisten Daerah Setda lingkup Pemprov Jabar.Para ASN pun akan bertanding pada sejumlah cabang olah raga, seperti diantaranya; volley Ball, Bulutangkis, Futsal, Catur, Bilyar, tenis meja, gerak jalan, serta beberapa permainan tradisional seperti tarumpah panjang dan galah. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12- 14 Desember 2017.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, dengan suasana baru di lingkungan SPOrT Arcamanik Jabar, diharap PORPEMPROV XV/2017 akan terselenggara dengan penuh semangat dan gairah yang lebih tinggi.

"Sehingga tujuan PORPEMPROV sebagai ajang silaturahim, pemeliharaan jasmani rohani, dan sekaligus pembinaan prestasi para ASN anggota KORPRI Jabar di bidang olahraga dapat tercapai dengan lebih optimal," kata Gubernur Ahmad Heryawan, saat membuka secara resmi kegiatan PORPEMPROV XV/2017, di kawasan SPOrT Arcamanik, di Bandung, Selasa (12/12/2017).

Gubernur Aher menuturkan, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari sedikit Provinsi yang telah mampu secara rutin menyelenggarakan Pekan Olahraga bagi para pegawainya. Baik di tingkat Pemerintah Provinsi lewat PORPEMPROV, maupun di tingkat Daerah Provinsi melalui penyelenggaraan PORPEMDA.

"Karenanya tidak mengherankan jika dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) KORPRI dua kali berturut-turur pada tahun 2015 di Manado dan tahun 2017 di Yogjakarta, para ASN Provinsi Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum," ungkapnya.

Bahkan kata Aher, pada penyelenggaraan Asean Civil Service Games (ACSG) yang merupakan penyelenggaraan pekan olahraga para pegawai pemerintah di negara-negara ASEAN yang untuk pertama kalinya diselenggarakan tahun 2016 di Malaysia, Kontingen Indonesia yang diwakili para ASN anggota KORPRI Jabar berhasip menjadi Runner Up setelah tuan rumah Malaysia.

Hal itu, kata Aher, merupakan hasil dari proses penyelenggaraan pembinaan olahraga di lingkungan ASN Jawa Barat yang sudah cukup baik dan berkesinambungan.

Dalam terwujudnya budaya olahraga yang kokoh di lingkungan para ASN anggota KORPRI Jabar, Aher mengajak semua ASN di lingkungan Pemprov Jabar melaksanakan kegiatan olahraga secara rutin di lingkungan instansinya masing-masing.

Pada upacara pembukaan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menyerahkan penghargaan bagi para atlet asal Jawa Barat yang telah berhasil meraih medali pada ajang SEA GAMES 2017, di Malaysia.

"Meskipun secara umum prestasi kontingen Indonesia pada ajang tersebut tidak terlalu menggembirakan, namun atlet-atlet Jawa Barat ternyata mampu memberikan kontribusi yang terbesar dibanding atlet dari Provinsi lain," terang Aher.

Baik dari jumlah atlet yang berlaga, maupun jumlah medali yang diperoleh, yang berhasil meraih 19 medali emas, 21 medali perak, dan 9 medali perunggu.

Terlebih lanjut Aher, pada event PARAGAMES, kontingen Indonesia berhasil meraih prestasi sebagai juara umum.

"Atlet PARALYMPIC asal Jawa Barat juga memberikan kontribusi raihan medali terbanyak di ajang olahraga tersebut, yakni mencapai 32 medali emas, 25 mesali perak, dan 16 mesali perunggu," sebut Aher.

Pada rangkaian upacara tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan diganjar penghargaan dari NPC Indonesia Provinsi Jawa Barat, karena telah sangat peduli, dalam membina para atlet paralympic hingga mampu meraih sukses.

 

Gubernur Resmikan SPOrT Arcamanik Bandung

 

Masih pada rangkaian pembukaan PORPEMPROV XV/2017, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, meresmikan penggunaan kawasan SPOrT Arcamanik Bandung.

Aher menyebutkan bahwa SPOrT Arcamanik Bandung sepenuhnya merupakan milik dan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2012.

Adapun secara bertahap, telah mulai dimanfaatkan untuk penyelenggaraan event-event olahraga seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2016, Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, dan saat ini telah menjadi sentra pembinaan olahraga terpadu khususnya pembinaan bibit-bibit atlet masa depan Jawa Barat.

"Disamping tetap digunakan untuk berbagai kegiatan keolahragaan dan kepemudaan tingkat daerah, nasional, bahkan internasional," sebut Gubernur Aher.

Aher pun berharap sarana yang diresmikannya dapat representatif untuk pembinaan olahraga para atlet maupun untuk dimanfaatkan masyarakat umum untuk aktivitas olahraga.

Dengan telah terbangunnya dan termanfaatkannya fasilitas pelatihan olahraha tersebut, Aher inginkan budaya dan prestasi olahraha di Jawa Barat dapat terus ditingkatkan, sehingga jargon "Jabar Kahiji" bisa terus menggaung hingga menjadi "Jabar Terus Kahiji".(dikutip Humas kota Bogor)