Beranda >

Berita > Bima : Salurkan Bantuan Kebakaran Silahkan Koordinasi Dinsos


27 Desember 2017

Bima : Salurkan Bantuan Kebakaran Silahkan Koordinasi Dinsos

Wali Kota Bogor Bima Arya meminta kepada organisasi masyarakat atau lembaga lain selain Palang Merah Indonesia (PMI) yang ingin membantu korban kebakaran di Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, tidak memasang atributnya dan jika ingin menyalurkan bantuan agar berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor sehingga dapat terorganisir dengan baik.

“Dari kemarin, Selasa (26/12) saat saya dan Kapolresta berkunjung ke lokasi penampungan kita meminta tidak ada atribut yang dipasang dilokasi penampungan,” kata Bima saat mendatangi lokasi penampungan, Rabu (27/12/2017) didampingi Kabag Tapem Setda Kota Bogor Taufik, Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor Hanafi, Kasatpol PP Kota Bogor Herry Karnadi, dan Kepala Dinsos Kota Bogor Azrin Syamsudin.

Ia mempersilahkan kepada semua pihak yang ingin memberikan bantuan, namun harus tetap mengutamakan koordinasi dengan Dinsos Kota Bogor. ”Jika satu pihak yang mendirikan posko bantuan kemudian memasang atribut dilokasi akan ramai dan menyulitkan koordinasi kita,” ujar Bima.

Selanjutnya Bima menginstruksikan Kasatpol PP Kota Bogor dan jajarannya untuk mencopot atribut-atribut yang sudah terpasang. Bima juga mendatangi para korban kebakaran, mendengarkan keluhan korban dan mendengarkan kebutuhan apa yang masih dibutuhkan serta meninjau lokasi kebakaran.

Ibu Yus, warga RT. 5 RW.1 Kampung Gudang menuturkan, saat ini dirinya bersama korban lain yang berada di SD Negeri 2 Empang membutuhkan alas kaki untuk keperluan ke kamar kecil dan ke mushola. ”Saat kejadian banyak dari kita yang tidak memakai alas kaki untuk menyelamatkan barang-barang dan anggota keluarga,” katanya.

Selain itu, ia secara langsung meminta Wali Kota Bogor unutk menyediakan buah-buahan untuk melengkapi makanan yang ada sebagai serat makanan. Warga lain juga menyampaikan keluhan terkait dokumen-dokumen penting yang hangus terbakar, seperti Kartu Keluarga (KK), kartu jaminan kesehatan, Ijazah, E-KTP bahkan buku nikah. Warga meminta Wali Kota untuk membantu mereka mendapatkan dokumen penggantinya, utamanya warga meminta agar dalam proses pengurusannya tidak dipersulit.

Sementara itu, Mulyani petugas sukarelawan dari PMI Kota Bogor mengamini apa yang disampaikan Ibu Yus. Selain itu, warga yang menjadi korban kebakaran juga membutuhkan pakaian dalam dan kebutuhan perangkat sekolah bagi anak-anak mereka.

Menanggapi hal tersebut, Bima mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu para korban melalui dinas-dinas terkait. Selain memantau kondisi para korban, Bima sempat mengecek bantuan logistik yang sudah diterima.

Sebelum meninggalkan lokasi penampungan, Bima dan yang lainnya menyempatkan diri untuk menyantap sarapan pagi yang disediakan para petugas dapur umum dari Dinsos dan Tagana Kota Bogor. (Humas:rabas/indra-SZ)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk