18 Januari 2018
2017, Pengaduan Masyarakat Menurun Drastis
Sebanyak 580 pengaduan tercatat terkait pelayanan publik di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor yang diterima Layanan Call Center Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor sepanjang 2017. Angka tersebut menurun drastis dibandingkan 2016 yang mencapai 1.700 pengaduan pelayanan publik di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Pengaduan pelayanan publik yang paling banyak diterima Call Center masih didominasi terkait kemacetan, parkir liar, persampahan, dan infrastruktur atau jalan rusak. Berdasarkan data rekap dari Januari 2017 sampai Desember 2017 Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor mendapatkan jumlah pengaduan terbanyak, yakni 138 pengaduan. Pengaduan terbanyak kedua ditempati Satuan Posisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor berjumlah 103 aduan. Pengaduan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor tercatat 70 aduan, sementara pengaduan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tercatat 53 aduan.
“Dari seluruh OPD empat dinas tersebut yang paling banyak dan beberapa sudah direspon dinas terkait namun untuk Satpol PP semua pengaduan telah ditanggapi,” ujar Kepala Diskominfostandi Kota Bogor Firdaus saat ditemui di kantornya, Kamis (18/01/2018).
Firdaus mengatakan, Call Center merupakan sebuah pelayanan komunikasi dari Pemerintah Kota Bogor untuk menampung semua aspirasi masyarakat terkait pelayanan publik. Warga dapat menyampaikan aspirasinya melalui lima kanal, sebut saja Call Center 1500411, SMS gateway, Twitter, website dan email.
"Semua pengaduan yang masuk ke Call Center langsung diteruskan Unit Operator ke dinas-dinas terkait melalui aplikasi yang sudah terintegrasi," katanya.
Ia menuturkan, saat ini pihaknya juga sedang membuat kanal pengaduan baru, yakni melalui aplikasi android yang bisa diunduh masyarakat secara gratis. Ini sebagai inovasi baru agar semua pengaduan dari warga bisa lebih cepat direspon dinas, sebab pengaduan langsung masuk ke gadget unit operator dinas atau kepala dinasnya.
“Lewat aplikasi pelapor bisa juga berkirim foto dan kami bisa mengetahui posisi si pelapor untuk meminimalisir orang-orang yang iseng,” kata Firdaus. (fla-SZ)
- Berita Terkini
- Hari pertama bertugas, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengawali aktivitasnya berkeliling kantor perangkat daerah yang berada di bawah Se
- Ketua tim pembentukan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Syarifah Sofiah membuka seleksi Paskibraka Tahun 2024 tingkat Kota Bogor di Paseban Sri Bad
- Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menerima simbolis kunci rumah dinas dan beberapa kunci mobil dinas dari Wali Kota Bogor periode 2014-2024
- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin resmi melantik Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari di Gedung Sate Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Sa
- Usai Final Speech di Lapangan Sempur, Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina menyempatkan diri meninjau pro