Beranda >

Berita > Rakernas APEKSI 2018, Bima Arya Usulkan Penguatan Kerja Sama


18 Januari 2018

Rakernas APEKSI 2018, Bima Arya Usulkan Penguatan Kerja Sama

Saat menghadiri rapat Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Hotel Royal Kuningan Jakarta, Kamis (18/01/2018), Wali Kota Bogor Bima Arya menyampaikan beberapa usulan, diantaranya tema yang akan diangkat saat rakernas 2018 nanti di Kota Tarakan berupa penguatan kerja sama antara sesama pemerintah daerah maupun pemerintah daerah dengan stakeholder, dalam hal ini pihak swasta.

“Model-model seperti ini sudah banyak dilakukan, rapat tadi saya menyampaikan banyak peran kepala dinas yang digantikan oleh para pihak swasta dalam hal ini para start up company atau aplikasi usaha kreatif. Ini harus menjadi renungan bagi semua,” ujar Bima.

Secara umum di tahun 2018 APEKSI mempersiapkan program yang meliputi beberapa bidang, diantaranya peningkatan kesadaran pemerintah daerah dalam menjalin kerja sama dan koordinasi dengan daerah lain, peningkatan kapasitas pemerintah daerah melalui pembangunan SDM, kapasitas aparat pemerintah kota yang menjalankan tugas serta membangun inovasi dalam mewujudkan pelayanan yang lebih optimal.

Diakhir rapat, Bima kembali menyampaikan usulan yang sifatnya teknis mengenai pengaturan rombongan wali kota yang akan mendampingi agar saat pelaksanaan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan secara teknis. Saran dari wali kota lain adalah agar disediakan informasi terkait kuliner, wisata dan souvenir di lokasi rakernas.
Selain Bima, turut hadir wali kota dari Kota Batu, Kota Malang, Kota Pare Pare dan Kota Tarakan. Rencananya rakernas APEKSI 2018 akan dilaksanakan 25-26 Juli 2018 di Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang dirangkai dengan Indonesia City Expo dan diawali dengan launching Indonesia City Expo 6 Februari 2018.

Agenda rakernas APEKSI 2018 akan diisi welcome dinner, pawai budaya di kawasan Taman Berkampung, Indonesia City Expo, penanaman pohon pada 26 Juli 2018 di Bumi Perkemahan Pantai Amal Kota Tarakan. (Humas:rabas/indra-SZ)