Beranda >

Berita > Kota Sehat Harus Ada Aksi Nyata


23 Januari 2018

Kota Sehat Harus Ada Aksi Nyata

Selain menyerahkan penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda Tahun 2017 kepada Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Forum Kota Sehat Kota Bogor Abdul Karim menyampaikan rencana dan langkah Forum Kota Sehat kedepan agar lebih mempersiapkan diri di penilaian tahun mendatang. Disamping itu, pencapaian tersebut harus diimbangi dengan aksi nyata, bahwa Kota Bogor adalah Kota Sehat.

“Akhirnya tahun 2017 dengan kolaborasi kita berhasil naik tingkat. Alhamdulillah semua ini hasil kerja keras dan kerja sama semua pihak, tetapi harus ada aksi nyata kedepannya,” kata Abdul di ruang Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Selasa (23/01/2018) siang.

Untuk penilaian di tahun 2019 nanti akan naik menjadi 6 tatanan, dimulai dengan penilaian hasil kerja pada tahun 2017 dan 2018. Persiapan yang harus dilakukan harus lebih sinergis. “Disamping itu kolaborasi dengan PKK Kota Bogor lebih ditingkatkan lagi,” ujar Abdul.

Selain hal tersebut ia juga menyampaikan rekomendasi hal lainnya, mulai dari bidang kesehatan dengan melibatkan peran masyarakat luas maupun para pelajar. Untuk kebersihan berupa pemilahan sampah yang belum menjadi budaya dimasyarakat diharapkan kedepan menjadi perhatian.

Menanggapi hal tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya berjanji akan berusaha menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan agar bisa segera dijalankan para kepala dinas terkait, sehingga paham apa yang harus dilakukan untuk menjalankan rekomendasi forum kota sehat.

“Pada intinya rekomendasi yang disampaikan mengandung dua hal. Pertama untuk aktivasi jaringan agar semua gerak dan kedua sebagai skill up (menaikan) standar dalam segala parameter tadi. Jadi ini harus sistemik dibahas khusus dalam briefing staff,” tuturnya.

Ketua TP PKK Yane Bima Arya menilai keberhasilan forum kota sehat Kota Bogor adalah hasil dari kunjungan kota lain yang diaplikasikan di Kota Bogor.

”Selain itu harus ada tema besar yang diusung, semua harus OPD membuat kegiatan yang berkaitan dengan Kota Sehat, demikian pula dengan komunitas maupun masyarakat luas. Jadi secara nyata dan betul-betul ada action melakukan sesuatu bahwa kota kita itu sehat,” katanya. (humas:rabas/indra-SZ)